ADVERTISEMENT

Penyelenggaraan Arus Mudik dan Balik 2023 Berjalan Lancar, Pengamat: Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun

Senin, 1 Mei 2023 13:24 WIB

Share
Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno. (ist)
Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID – Secara umum, penyelenggaraan transportasi Lebaran 2023 tergolong lancar dan dapat memenuhi harapan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran. 

Baik perjalanan mudik maupun balik, dibanding musim Lebaran tahun 2022, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas 21 persen dan korban meninggal dunia 39 persen.

Demikian dikatakan pengamat transportasi cari Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat, Minggu  (30/4/2023).

Djoko mengatakan  Tol Trans Jawa masih favorit pilihan pemudik. Kendati kapasitas jalan tol tidak akan dapat mengakomodir kebutuhan pemudik yang cukup besar. 

"Alhasil, kemacetan pasti terjadi dan harus ada rekayasa lalu lintas (seperti ganjil genap, contra flow dan one way) upaya mengendalikan di jalan tol. Tidak hany di jalan Tol Trans Jawa, namun di jalan arteri juga dilakukan hal yang sama, seperti di sistem satu arah (one way) ruas jalan Padang -Bukittinggi, Sumatera Barat," tambah Djoko.

Imbauan Presiden yang memungkinkan aparatur sipil negara (ASN), personel TNI/Polri, dan pegawai BUMN untuk menambah cuti atau bekerja dari rumah sehingga bisa menunda kepulangan disampaikan pada 24 April lalu. Hal serupa dianjurkan bagi pegawai swasta sepanjang tidak ada kepentingan mendesak. 

"Masyarakat diminta menghindari puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung pada 24-25 April ini. Selain itu adanya penerapan potongan tarif (discount) jalan tol 15-18 April 2023 dan 27-29 April 2023 oleh PT Jasa Marga, turut berpengaruh untuk mengurai pemerataan atau distribusi arus perjalanan mudik dan balik lebaran tahun ini," katanya.

Djoko mengatakan pola mengatur arus balik sudah dimulai tahun lalu, dan tahun ini juga dilakukan, ada distribusi pergerakan hampir merata di rentang waktu arus balik.

Berdasarkan Realisasi Volume Penumpang dan Kendaraan Pulau Jawa – Sumatera Periode Angleb 2023 (1444 H) di Pelabuhan Bakauheni, dan Panjang Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menyebutkan selama musim mudik 10 hari (12-21 April 2023), jumlah arus mudik penumpang dan kendaraan yang telah menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera, sebanyak 848.274 orang dan 195.984 unit kendaraan. 

Dari Pelabuhan Penyeberangan Merak (Pulau Jawa) menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni (Pulau Sumatera), jumlah pemudik dari H-10 hingga H-1 untuk penumpang 796.261 orang (ada peningkatan 5 persen dibanding tahun 2022 sebesar 760.911 orang). Untuk kendaraan sebanyak 184.955 unit (terjadi penurunan 2 persen dibanding tahun 2022 sebesar 180.465 unit).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT