ADVERTISEMENT

Kali Meluap, 2 Jembatan Penghubung di Jasinga, Bogor Putus

Selasa, 25 April 2023 05:14 WIB

Share
Tangkapan layar jembatan putus di Sungai Cidurian, Jasinga, Kabupaten Bogor. (Ist)
Tangkapan layar jembatan putus di Sungai Cidurian, Jasinga, Kabupaten Bogor. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Hujan deras dan angin kencang di kawasan Kabupaten Bogor dan sekitarnya membuat dua Jembatan penghubung di Desa Kalongsawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor terputus pada Senin (24/4/2023) malam.

Kedua jembatan tersebut terputus lantaran meluapnya aliran sungai Cidurian yang melintasi Kampung Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, akses jalan pun tak bisa dilalui. 

Dari video yang diterima Poskota.co.id terlihat penahan jembatan yang terbuat dari besi baja berwarna hijau ini telah menjuntai ke arah sungai yang mengalir deras.

Dikonfirmasi, Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah tersebut terjadi sekira pukul 19.00 WIB.

"2 jembatan terbawa arus air cidurian, jembatan penghubung kampung parungsapi dan kampung silogak dan juga jembatan penghubung kampung petey dan kampung kalong dagul putus terbawa arus air," kata Jalal melalui keterangannya. 

Disebabkan jembatan tersebut putus adalah naiknya aliran sungai cidurian lantaran hujan yang berkepanjangan. 

"Hujan deras dengan intensitas yang lama, sehingga mengakibatkan meluapnya sungai cidurian dan merendam sebagian rumah dengan ketinggian rata-rata 30cm sampai 60cm," terangnya. 

Selain di Kecamatan Jasinga, bencana alam pun terjadi di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor. Setidaknya 6 Kecamatan di wilayah barat Kabupaten Bogor dilanda longsor, banjir dan pohon tumbang. 

"Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari longsor, Desa Purasari Kecamatan leuwiliang longsor, Harkat jaya Kecamatan sukajaya longsor dan banjir, Desa Sadeng Kecamatan Leuwisadeng Banjir + pohon tumbang dan Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeng pohon tumbang dampak dari angin kencang," ujarnya. 

Saat ini petugas pun tengah melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak bencana di wilayah barat Kabupaten Bogor. (Panca)

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT