ADVERTISEMENT

Fraksi PAN Apresiasi Arus Penyeberangan Merak-Bakeuheni Berjalan Lancar

Kamis, 20 April 2023 16:11 WIB

Share
Saleh Partaonan Daulay, pemerintah belum mengkaji dari seluruh aspek sebelum menetapkan kebijakan tersebut. (Foto/dokpribadi)
Saleh Partaonan Daulay, pemerintah belum mengkaji dari seluruh aspek sebelum menetapkan kebijakan tersebut. (Foto/dokpribadi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay menilai 645Pemerintah dan masyarakat patut mensyukuri bahwa sejauh ini mudik lebaran berjalan lancar. 

"Mobilitas masyarakat yang sangat tinggi tentu tidak bisa dihindari. Apalagi setelah 2 lebaran terakhir, pandemi Covid-19 sedikit menjadi penghalang untuk mudik. Tidak heran, tahun ini ada arus mudik yang cukup besar ke Jawa dan Sumatera," papar Saleh di Jakarta, Kamis  (20/4/2023).

Ia mengatakan salah satu yang perlu disoroti adalah lalu lintas penyeberangan antar pulau. Antara Merak dan Bakauheni, misalnya, tidak ada kemacetan. Penumpukan kenderaan tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun ada antrean hanya untuk mengatur kenderaan yang masuk ke dalam ferry.

"Dulu, tiga tahun dan sebelum-sebelumnya, penyeberangan tersebut sangat padat. Bahkan, bisa jadi ada yang sampai bermalam menunggu antrean. Sekarang, fenomena itu sudah tidak ada. Padahal, hari raya tinggal 1 atau 2 hari lagi. Artinya, tingkat arus mudik paling tinggi sudah hampir selesai," tutur anggota DPR dari daerah pemilihan Lombok Sumatera Utara II.

Mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah ini juga mengatakan tidak lepas dari kinerja berbagai pihak. Terutama dalam hal ini BUMN ASDP yang mengatur urusan Ferry secara langsung. Atas arahan menteri BUMN, ASDP membuat digitalisasi pelayanan. Khususnya ticketing penyeberangan. Masyarakat sekarang bisa membeli tiket penyeberangan secara online.

"Sebelum sampai di pelabuhan, mereka yang mau menyeberang sudah beli tiket. Katanya, 90 persen penyeberang beli tiket secara online. Karena itu, sesampai di pelabuhan, tidak perlu turun. Langsung masuk ke baris antrean. Petugas hanya mengecek tiket dan jumlah penumpang."

"Meski kelihatan sederhana seperti itu, tapi dampaknya luar biasa. Mengurangi penumpukan dan antrean. Para pemudik merasa nyaman".

"Semua TA saya mudik ke Sumut lewat jalur Bakauheni. Mereka menceritakan ke saya kalau perjalanan lancar. Dan mereka membenarkan bahwa kinerja BUMN dan ASDP perlu diapresiasi".

Selain itu, saya mendengar bahwa menteri BUMN, Erick Thohir, sangat sering melakukan pengecekan ke Bakauheni. Pasalnya, di tempat itu sedang dibangun Bakauheni Harbour City. Ada juga Krakatau Park yang pada tanggal (22/4) akan dilakukan soft opening-nya. Bahkan sebelumnya, tanggal (18/3) Erick Thohir telah meresmikan mesjid BSI (Bank Syariah Mandiri) di kawasan tersebut.

"Pelabuhan Bakauheni dan Merak nanti tidak lagi membosankan. Tetapi justru akan menyenangkan. Wajar kalau kita mengapresiasi pak Erick Thohir atas kesungguhannya mengawal kinerja BUMN dan memprioritaskan pembangunan di titik-titik sentral seperti Bakauheni". (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT