ADVERTISEMENT

Tanamkan Sikap Toleransi, Ditjen Bimas Buddha Ajak Pemuda Dukung Moderasi Beragama

Sabtu, 15 April 2023 18:12 WIB

Share
Ditjen Bimas Budhha Kemenag menggelar kegiatan Pemanfaaatn Digitalisasi bagi Pemuda dalam mendukung Modernisasi Beragama. (Ist)
Ditjen Bimas Budhha Kemenag menggelar kegiatan Pemanfaaatn Digitalisasi bagi Pemuda dalam mendukung Modernisasi Beragama. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Ditjen Bimas Budha menyelenggarakan kegiatan Pemanfaatan Digitalisasi bagi Pemuda dalam mendukung modernisasi beragama, Sabtu (15/4/2023). Hal itu, sebagai bentuk penanaman sikap dan budaya bersama kepada generasi muda.

Bertempat di Aula Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang, Banten, kegiatan diikuti sebanyak 200 peserta dari sejumlah pemuda lintas agama utusan organisasi kepemudaan majelis agama Buddha, Islam, Kristen, Katholik, Hindu Konghucu serta organisasi kepemudaan lainnya.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, mengatakan kegiatan ini diadakan untuk mempertemukan para pemuda yang ada diseluruh potensi umat Buddha sekaligus kita mempertemukan dengan para pemuda dari lintas agama. 

“Pemuda saat ini hidup di era yang berbeda dengan perkembangan revolusi industri dari era 1.0, 2.0, 3.0 dan 4.0 ini membutuhkan sikap dan perilaku, maka upaya kita Ditjen Bimas Buddha membangun kolaborasi komunikasi karena sesungguhnya dalam perkembagan era teknologi ini arus informasi sangat berlebihan,” jelas Dirjen.

Sehingga menurut Dirjen diperlukan kesetaraan dalam pemahaman atas berbagai fenomena yang ada kalau tidak ada kesetaraan nanti ada kesenjangan sosial.

Dengan pertemuan ini, diharapkan ada titik temu untuk bisa saling bersiratuhrohmi atau saling berkalyanamitta berkolaborasi dari setiap kegiatan yang kedepan nanti bisa saling memahami perbedaan dan bisa memahami antas potensi yang dimiliki masing masing itulah sesunggguhnya implementasi dari moderasi beragama 

Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI), M. Arief Rosyid Hasan  mengatakan Moderasi beragama merupakan jalan tengah, jalan diharapkan oleh founding fathers bangsa Indoensia. Hingga, Pancasila - Bhinneka Tunggal Ika itu ada, karena ada semangat moderasi beragama walaupun muslim terbesar tetapi ada teman-teman yang lain ada dibutuhkan.

Menurutnya selain jalan tengah itu semangat keberagaman kita untuk memanusiakan manusia, hal ini menjadi hal yang fundamental yang dibutuhkan oleh bangsa kita sudah sedemikian besar ini sekitar 270 juta penduduk datang dari ribuan suku, beragam agama dan segala macam. 

“Digitalisasi ini sudah sangat jauh perubahannya apalagi pasca covid, makanya sebagai generasi itu kita harus memahami, perubahan-perubahan itu tidak akan mendestruksi kita, tetapi malah harus menkontruksi  anak-anak muda saat ini, teknologi ini kan ibarat pisau/samurai bisa membunuh tetapi bisa juga digunakan untuk melindungi diri kita, jadi harusnya teknologi di era moderasi beragama ini tadi, bukan malah untuk semakin memecah belah tetapi untuk semakin untuk mempersatukan nilai-nilai yang bisa mempersatukan kita,” lanjut M. Arief Rosyid Hasan 

Untuk mencapai persatuan lanjut M. Arief Rosyid Hasan dibutuhkan trust, sikap saling percaya, dibutuhkan interaksi atau kebersamaan, istilah lain silahturahmi atau anjangsana antar organisasi baik yang ada di buddha ini maupun lintas agama. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT