ADVERTISEMENT

Kapolres Metro Depok Berbagi Tips Cegah Aksi Pencurian di Rumah Kosong saat Ditinggal Mudik

Rabu, 12 April 2023 09:55 WIB

Share
Kapolres Metro Depok KBP H.Ahmad Fuady saat mengisi ceramah kiat menjaga keamanan.(angga)
Kapolres Metro Depok KBP H.Ahmad Fuady saat mengisi ceramah kiat menjaga keamanan.(angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK,  POSKOTA.CO.ID –  Antisipasi pencurian rumah kosong (Rumsong) yang ditinggal mudik pemilik ke kampung halaman, tips aman dari Kapolres Metro Depok Kombes Pol H.Ahmad Fuady.

Libur cuti bersama lebaran 2023 telah ditetapkan pemerintah dimajukan mulai dari tanggal 19 April 2023. Sehingga kemungkinan akan banyak warga Kota Depok  yang mudik ke kampung halaman dengan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Hal ini dapat memancing para pelaku kejahatan untuk berniat membobol rumah-rumah yang ditinggal kosong tanpa ada pengawasan.

Untuk itu dalam rangka membuat rasa aman rumah ditinggal kosong untuk mudik, lebih baik dititipkan kepada perangkat lingkungan.

"Bersama kita jaga kamtibmas khususnya antisipasi pencurian rumsong saat pemilik sedang mudik dapat dititipkan rumah dengan melapor ke perangkat lingkungan RT, RW, keamanan perumahan, atau tetangga," ujar Kapolres Metro Depok Kombes Pol H.Ahmad Fuady kepada Poskota usai menjadi imam dan khotib dalam teraweh keliling di Masjid Jami Miftahul Khoir, Kp.Petir RT 03/05, Bojongsari Baru, Bojongsari Kota Depok, Selasa (11/4/2023) malam.

Perwira menengah (Pamen) jebolan Taruna Akpol angkatan 1998 ini mengungkapkan warga aktifkan kembali Pamswakarsa berupa siskamling untuk melakukan ronda malam.

"Galakkan kembali siskamlimg Pamswakarsa bagi warga yang tidak mudik untuk melakukan patroli pengecekan pengontrolan rumah-rumah yang ditinggal kosong penghuni karena mudik,"  tambahnya.

Mantan Kapolres Gunung Kidul ini dengan partisipasi semua pihak mari ciptakan situasi kamtibmas aman kondusif saat Ramadan maupun di lebaran Hari Raya Idul Fitri.

"Anggota kita rutinkan untuk melakukan patroli di titik dan jam rawan di sekitar wilayah Kota Depok. Kita menghimbau bagi orang tua untuk tetap memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya untuk tidak keluar malam antisipasi tawuran perang sarung maupun kelompok," tambahnya.

Berdasarkan data selama dari awal puasa sampai sekarang, lanjut KBP H.Ahmad Fuady tercatat anggotanya telah berhasil mengamankan sekitar 300-an para pelaku tawuran.

"Bagi yang kedapatan membawa sajam atau melukai korban akan kita proses hukum," tutup KBP Fuady qori peraih juara 1 MTQ tingkat Polri untuk Pamen ini. (Angga)

ADVERTISEMENT

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT