ADVERTISEMENT

Tata Kawasan Kumuh di Duren Sawit, Saluran Air 3.518 Meter Diperbaiki 

Senin, 10 April 2023 22:00 WIB

Share
Foto: Pembagunan saluran air di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. (Ist)
Foto: Pembagunan saluran air di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pembangunan saluran air di RW 01 dan RW 13 Kelurahan dan Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, terus dikebut. Saat ini progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen dan targetnya pada pekan depan ini pekerjaan akan rampung sehingga program strategi dalam menata lingkungan di RW kumuh terlaksana dengan baik.

Kepala Seksi (Kasie) Perencanaan dan Pengawasan Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jakarta Timur, Utami Widianingsih mengatakan, pembangunan saluran air di dua lokasi tersebut merupakan tindak lanjut usulan warga melalui musyawarah perencaaan pembangunan (Musrenbang) tahun 2022 lalu. 

"Alasannya, selama ini di lokasi tersebut belum memiliki saluran air, sehingga ketika hujan deras pemukiman warga sering tergenang. Karena lokasinya berada di daerah cekungan," kata Utami Widiansingih Senin (10/4/2023).

Utami menambahkan, pembangunan saluran air sudah dilakukan dan akan mencapai tahap akhir. Diharapkan dengan pembuatan saluran air ini, predikat RW kumuh akan berkurang atau hilang. "Saat ini progres pembangunan saluran air sudah mencapai 80 persen. Targetnya pada pekan depan pekerjaan rampung 100 persen. Saat ini tinggal finishing nya saja," ujar Utami.

Menurutnya, panjang saluran air yang dibangun di dua RW itu totalnya mencapai 3.518 meter. Seluruhnya menggunakan beton U Ditch dan Box Culvert dengan ukuran yang bervariasi, disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kendala di lapangan adalah, akses jalan yang sempit sehingga aktivitas warga juga ikut terganggu. "Karena itu ia meminta warga bersabar dengan adanya penataan saluran air di lingkungannya," imbuhnya.

Sementara itu Manajer Proyek PT Damai Indo Sejahtera  (DIS), kontraktor penggarap proyek tersebut menambahkan, dari total panjang saluran air 3.518 meter itu, terbagi dalam beberapa bagian. 

"Di RW 01, selain pembuatan saluran air kita juga bangun jalan beton. Namun karena kondisi jalan di daerah cekungan maka ada perubahan volume, dari semula ketebalannya hanya 12 sentimeter, ditinggikan menjadi 20 sentimeter. Khusus jalan beton ini pelaksanaannya usai Lebaran Idul Fitri nanti," ujar Manalu.

Menurutnya, peningkatan jalan dengan beton cor ini di Jalan Swadaya 8 sepanjang 174 meter dengan lebar jalan empat meter. Kemudian di Jalan Swadaya 06 panjangnya 65 meter dan lebar 2,8 meter. "Sehingga total panjang jalan yang dibeton mencapai 239 meter dengan volume kubikasi cor 231,76 meter kubik," tukasnya. (Ifand)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT