ADVERTISEMENT

Kilang Pertamina Dumai, Riau Meledak 9 Orang Luka-luka

Minggu, 2 April 2023 12:29 WIB

Share
Tangkapan layar Kilang Pertamina Dumai, Riau Terbakar akibat ledakan. (Ist.)
Tangkapan layar Kilang Pertamina Dumai, Riau Terbakar akibat ledakan. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kilang Pertamina Dumai, Provinsi Riau Meledak dan terbakar pada Sabtu (1/4/2023) sekira pk. 22:40 WIB. Akibat insiden kebakaran tersebut 9 orang mengalami luka-luka.

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan sebanyak 9 orang mengalami luka-luka dan tak ada korban jiwa insiden kilang pertamina Dumai. “Setelah kejadian terdapat 9 orang warga masyarakat yang luka-luka, tetapi luka-luka ringan,” kata kapolda kepada wartawan.

Dari 9 korban luka-luka, dua orang sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan tergolong ringan akibat ledakan di Unit Flash Area Make Up Gas Kompressor HCU 211 kilang pertamina Dumai.

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan, menyatakan ada lima orang pekerja yang menjadi korban ledakan kilang minyak pertamina RU II. "Mereka adalah petugas di ruang operator. Saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik," katanya.

Agustiawan menegaskan, Pertamina masih mencari tahu penyebab ledakan tersebut. "Saat ini tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman," ujarnya.

Peristiwa tersebut viralitu bemula ketika muncul ledakan yang mengakibatkan terbakarnya kompresor make up gas di Unit 2 11 HCU Area Unit Unibon/Kilang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai pada Sabtu, 1 April 2023, pukul 22.44 WIB.

Agus Setiawan mengatakan sekitar pukul 22.44 WIB di TKP Unit 2 11 Area HCC (Hydro Cracker Complex) PT KPI telah terjadi kebakaran kompresor make up gas yang diawali terlebih dahulu dengan adanya ledakan yang mengakibatkan getaran di sekitar area kilang. 

Para korban merupakan karyawan pertamina HCC yang sedang shift sore. Mereka rata-rata mengalami luka ringan akibat serpihan kaca, namun telah dilakukan penanganan medis di RS Pertamina Dumai dan sudah diperbolehkan pulang.

Kemudian, masyarakat sekitar kilang pertamina Dumai mendatangi kilang untuk meminta keterangan dan pertanggung jawaban dari PT KPI RU II Dumai. Pasalnya, beberapa rumah warga terdampak kerusakan. (Adji)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT