ADVERTISEMENT

Kendaraan Listrik Serap Tenaga Kerja di Kampung Wisata Setu Babakan

Jumat, 31 Maret 2023 21:52 WIB

Share
Foto: Kendaraan Listrik Buggy Car bisa dinikmati warga di Setu Babakan, Jagakarsa, Jaksel. (Ist.)
Foto: Kendaraan Listrik Buggy Car bisa dinikmati warga di Setu Babakan, Jagakarsa, Jaksel. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hadirnya kendaraan listrik berupa buggy car yang diberi nama Mobil Wara Wiri dan sepeda listrik di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan menyerap tenaga kerja sebanyak 5 orang yang berasal dari masyarakat sekitar.

Mobil Wara-wiri dan sepeda listrik menjadi wahana baru sebagai sumber pendapatan tambahan di Setu Babakan.

“Dibukanya wahana kendaraan listrik ini, kami mempekerjakan 1 petugas loket serta 4 supir Wara-wiri, alhamdulillah bisa menyerap tenaga warga sekitar,” kata Sadeli, Ketua Pokdarwis Setu Babakan.

Sadeli mengungkapkan sejak diresmikan pada Januari 2023 lalu, minat masyarakat mencoba wahana baru kian besar. Kampung Wisata Setu Babakan ramai pengunjung pada Hari Sabtu Minggu dan animo naik wahana baru juga besar di hari tersebut. Dalam sebulan tercatat rata-rata 70 transaksi penyewaan Wara-wiri dan sepeda listrik.

Pengunjung Kawasan Wisata Setu Babakan yang dulunya berjalan kaki, kini dapat menikmati pengalaman baru mengendarai kendaraan listrik yaitu buggy car Wari-wiri atau sepeda listrik untuk berkeliling sambil menikmati pemandangan asri nan hijau.

Foto: Kendaraan Listrik Buggy Car dari PLN bisa dinikmati warga di Setu Babakan, Jagakarsa, Jaksel. (Ist.)

Kendaraan listrik sebagai wahana baru di Kampung Wisata Setu Babakan merupakan kolaborasi antara PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Perkampungan Budaya Betawi. Selain sebagai bentuk kampanye untuk pengurangan emisi gas, program ini merupakan upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Tiket Wara-wiri dibanderol seharga Rp75.000 untuk rute menuju Kampung Ismail Marzuki. Sedangkan untuk sepeda listrik pengunjung bisa menyewa dengan harga Rp20.000 per jam.

"Ada wahana baru mobil Wara-wiri lumayan ya jadi tidak capek, udah gitu mobilnya enak tidak ada asap padahal kebuka gini, tidak ada suara juga," kata Eti Rohayah, salah satu pengunjung Setu Babakan.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya mengungkapkan, "Komitmen PLN yaitu mendukung pembangunan berkelanjutan baik dari sisi lingkungan maupun ekonomi, dalam hal ini PLN mendukung upaya pelestarian alam dan pengembangan ekonomi warga dan masyarakat di sekitar Kampung Wisata Setu Babakan."

Dukungan PLN UID Jakarta Raya terhadap kendaraan listrik juga diwujudkan dalam penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 29 titik di Jakarta dengan total 41 charger.(Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT