ADVERTISEMENT

Bangkrutnya 3 Bank di AS, Berikut Ini Kata Gubernur BI

Rabu, 29 Maret 2023 19:30 WIB

Share
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak tiga bank di Amerika Serikat dinyatakan bangkrut pada beberapa waktu lalu.

Yakni Silicon Valley Bank, Silvergate Bank, dan Signature Bank.

Namun kondisi perbankan di tanah air dipastikan terjaga dengan baik.

Keterangan ini disampaikan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Secara keseluruhan stressing assestment kami menyimpulkan bahwa kondisi perbankan di Indonesia itu berdaya tahan terhadap dampak ini dan terus terang kita selalu melakukan pemantauan. Hasil simulasi stress kita menyimpulkan itu. Stablitas sistem keuangan di Indonesia adalah berdaya tahan dalam menghadapi gejolak global ini termasuk dampak dari tiga bank ini,” ucapnya seperti dikutip dari VOA pada Senin (27/3/2023).

Perry Warjiyo menyimpulkan berdasarkan hasil stressing assestment yang dilakukan oleh Bank Indonesia bahwa deposit funding perbankan Indonesia terdiversifikasi.

Menurutnya, hal ini berbeda dengan SVB yang 93 persen terkonsentrasi di deposan besar. Selain itu tidak ada perbankan di Indonesia yang memiliki obligasi Amerika Serikat sehingga dampak langsungnya dari peristiwa ini hampir tidak ada.

Lebih jauh Perry Warjiyo menjelaskan Surat Berharga Negara (SBN) di Indonesia memiliki manajemen risiko yang baik di mana mulai tahun lalu ada pergeseran dari available for sale (AVS) ke hold to maturity (HTM).

Sementara dari sisi risiko valuasi sudah terdapat cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN). Selain itu  rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio, CAR) perbankan di Indonesia juga cukup tinggi yakni 25,88 persen.

“Tetapi apakah kita tidak waspada? Ya waspada,” terang Perry Warjiyo.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT