Berkah Ramadhan, Petani Timun Suri di Lebak Kebanjiran Pesanan

Sabtu, 25 Maret 2023 13:19 WIB

Share
Petani timun suri di Lebak saat melakukan panen. (Foto: Ist).
Petani timun suri di Lebak saat melakukan panen. (Foto: Ist).

LEBAK,  POSKOTA.CO.ID – Keberkahan Bulan suci Ramadan, cukup dirasa oleh para petani timun suri di Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, lantaran saat ini petani timun suri tersebut tengah kebanjiran pesanan dari para konsumen

Seperti yang dialami oleh Mubin (34) petani timun suri di Kampung Citundu n, Desa Banjarsari, Kecamatan Warunggunung. Mubin mengaku, saat ini timun suri yang ditanamnya sudah mulai bisa dipanen.

Sejak panen pertama di hari awal puasa, dirinya sudah banyak menerima pesanan, mulai dari pesanan skala kecil.hingga partai besar. 

"Alhamdulillah, berkah Ramadhan timun suri saya sudah banyak dipesan konsumen," ungkap Mubin, Jum'at (24/3/2023). 

Ia mengaku, dirinya menanam timun suri setiap memasuki bulan Ramadhan, dan kegiatan bertani timun suri sudah dilakoninya sejak 12 tahun lalu.

"Banyak yang datang langsung ke sawah, para konsumen biasanya ada membeli untuk dijual lagi ada juga yang hanya buat konsumsi saja," ungkapnya.

Ia menanam timun suri di atas lahan seluas 1 hektar, dan sekarang buahnya sudah ada yang bisa dipanen dan masih ada juga belum.

"Proses panennya tidak sekaligus, jadi bertahap. Alhamdulillah mulai banyak yang pesan mulai dari pedagang besar, tengkulak dan pedagang eceran buat dibikin ES," ujarnya.

Diungkapkannya, sejak awal bulan puasa dan mendekat Lebaran atau Idul Fitri, banyak masyarakat yang memesan timun ke pada dirinya. "Biasanya yang memesan untuk dijual lagi di pasar dan juga penjual Es campur," ucapnya.

Petani timun suri lainnya, Marda menuturkan, menanam timun suri ini hanya di bulan Ramadhan saja. Karena kalau bulan-bulan biasa tidak, soalnya buah timun suri ini lakunya hanya pada bulan puasa dan sekarang juga sudah banyak yang pesan.

Halaman
Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar