Niat Keramas Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Tata Cara

Rabu, 22 Maret 2023 14:50 WIB

Share
Niat keramas sebelum puasa Ramadhan. Foto: Ist
Niat keramas sebelum puasa Ramadhan. Foto: Ist

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebagian dari Anda pasti belum tahu niat keramas sebelum puasa Ramadhan.

Nah dalam artikel ini redaksi Poskota akan merinci bagaimana niat keramas sebelum puasa Ramadhan lengkap dengan artinya.

Akan tetapi perlu kamu ketahui juga, hukum mandi puasa Ramadhan adalah sunnah yang apabila dikerjakan berpahala dan bila tidak dilakukan maka tidak berdosa. 

Mandi puasa Ramadhan juga tidak termasuk ke dalam rukun Puasa sehingga ibadah puasa akan tetap dinyatakan sah bila tidak mandi puasa Ramadhan.

Walau begitu, sebagai umat Islam yang baik, tentu tak ada salahnya kita melakukan aktivitas tersebut bukan. Dan inilah niat keramas sebelum puasa Ramadhan.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الاَ كَبَرِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

"Nawaitul ghusla liraf'il hadasil akbari fardlal lillaahi ta'aalaa."

Artinya: Aku niat mandi wajib menjelang Ramadhan untuk menghilangkan hadas besar, fardhu karena Allah Ta'ala.

Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan

Pertama mengucapkan niat-niat ini bisa dibaca hanya dalam hati saja. Bacaan niat keramas sebelum puasa Ramadhan inilah yang menjadi pembeda dengan mandi wajib karena junub berhubungan badan atau
hadas besar haid dan nifas.

Berikutnya adalah membasuh kedua telapak tangan, siram dan bersihkan telapak tangan dimulai dari kanan dan diikuti tangan kiri. Lakukan gerakan membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali seperti hendak berwudhu.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar