Ini Tips Sehat Berpuasa Bagi Kalangan Lansia
Rabu, 22 Maret 2023 10:58 WIB
Share
Kurma Mendjool (Foto: Pixabay)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Besok Kamis (23/3/2023) sebagian umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan. 

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berpuasa khususnya bagi kalangan lansia,  ini  tips  berpuasa yang mudah-mudahan bermanfaat jika diterapkan.

Berikut tips yang dikutip dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, secara umum untuk yang berusia lanjut dan juga untuk semua kalangan:

● Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

● Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

● Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

● Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.

● Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.

Halaman
1 2