ADVERTISEMENT

Pojok Gruham: Sri Minggat

Minggu, 12 Maret 2023 06:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SAAT ini lagu berjudul  “Sri Minggat” (Sri kabur) sedang viral di Indonesia. Lagu ciptaan penulis lagu dan penyanyi asal Blitar, Sonny Josz, tersebut banyak dilantukan sejumlah penyanyi kondang. Jutaan pendengar dan penontonnya.

Para penyanyi yang melantunkan “Sri Minggat” ini antara lain Sonny Josz sendiri, Denny Caknan, Dimas Tedjo. Group Ageng Music, Esa Risty, Vita Alvia, Ndarboy Genk,  Andika Mahesa, Dara Ayu, Sabrina Febriya dan lain-lainnya.

Di youtube peraih suara terbanyak adalah Denny Caknan (7,5 juta penonton selama 2023 ini) dan disusul oleh kelompok pemain band Ageng Music (6,4 juta penonton).
Lirik lagu yang mendayu-dayu ini antara lain berbunyi seperti berikut. “Sri kapan kowe bali, kowe lungo ora pamit aku, jarena neng pasar pamit tuku trasi, nganti saiki kowe durung bali”.

“Sri opo kowe lali, jaremu sehidup semati, aku ora nyono kowe kowe arep ngono, lara atiku, atiku lara……”.
Terjemahan dalam Bahasa Indonesia seperti berikut. “Sri, kapan dikau pulang, dikau pergi tanpa ijin aku, katamu ke pasar mau beli trasi, hingga kini dikau belum pulang…….”.

Penyanyi Esa Risty dan Vita Alvia membawakan dengan nada suara penuh rintihan menyedihkan walaupun mereka tampil dengan penuh tawa. Sementara Vita Alvia dengan sedikit membuka roknya sehinnga pahanya tampil ke penonton.

Tak sangka suatu pagi di danau jadi-jadian di perumahan Taman Cipulir Estat, Cipadu Jaya, Larangan, Tangerang Kota, seorang pengemudi perahu karet bertanya pada rekan saya yang tinggal  di tempat yang selalu banjir di musim hujan itu.
Pertanyaannya begini apakah lagu Sri Minggat ini dikarang oleh Sonny Jozs untuk Ibu Sri Mulyani, menterinya Jokowi?

Temen saya menjawab, “Mungkin juga lagu itu untuk Sri Mulyani, karena beliau pernah pergi dari Indonesia dan tinggal di Amerika Serikat cukup lama di masa pemerintahan SBY”.

Menurut teman saya yang sering mendengarkan lagu ini, dirinya sudah lima kali ditanya apakah lagu ini diciptakan untuk Sri Mulyani, sang Menteri yang suka joget dan menyanyi untuk publik itu.

Teman saya bilang, selalu memberi jawaban, “tanya sendiri pada Sri Mulyani yang sedang sibuk mengikuti berita tetang transaksi janggal Rp 300 trilyun di kementriannya.” Sri jangan minggat ya. (Li Hai)
 

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT