ADVERTISEMENT

Cek Beli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Secara Online, Jangan Salah Isi Data Diri

Kamis, 9 Maret 2023 08:56 WIB

Share
Aktivitas penumpang hendak libur nataru di stasiun Gambir.(Foto : Rizki)
Aktivitas penumpang hendak libur nataru di stasiun Gambir.(Foto : Rizki)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mudik lebaran sudah menjadi tradisi. Pulang kampung untuk bertemu keluarga sudah menjadi kewajiban setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Mudik bisa menggunakan transportasi darat, laut dan udara. Namun hingga saat ini, transportasi darat sudah menjadi pilihan paling ekonomis untuk mencapai tujuan.

Salah satu angkutan darat favorit bagi pemudik adalah kereta api. Selain lebih cepat sampai dan tanpa macet, angkutan darat ini terbilang cukup aman dan nyaman.

Namun untuk mendapatkan tiket mudik kereta, harus sudah jauh-jauh hari  melakukan pemesanan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI  sudah sejak Minggu 26 Februari lalu membuka penjualan tiket. 

PT KAI mengumumkan para calon penumpang dapat membeli tiket melalui website kai.id, aplikasi KAI Access, maupun jaringan mitra lainnya. 

Sebelumnya, pihak KAI mengumumkan tiket kereta Lebaran sudah bisa dibeli oleh calon penumpang untuk keberangkatan 19 April 2023 atau H-3 Lebaran.

"Pemesanan tiket KA masa angkutan Lebaran untuk keberangkatan tanggal 19 April 2023 (H-3 Lebaran), sudah bisa dilakukan hari ini, mulai pukul 00.00 WIB,” tulis KAI di akun Twitternya, 5 Maret 2023.

Untuk saat ini, rute kereta Lebaran terbanyak adalah Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Solo, Jakarta - Surabaya, dan Bandung - Blitar. Sementara, kereta yang paling banyak terjual tiketnya adalah kereta Airlangga yang telah mencapai 59,04 persen. Kemudian, tiket kereta Bengawan terjual 55,85 persen, kereta Kahuripan 54,27 persen, kereta Sritanjung 35,35 persen, dan kereta Serayu 34, 77 persen.

Kepada calon penumpang, KAI mengingatkan untuk lebih teliti saat memesan tiket kereta Lebaran 2023 dengan memasukkan data diri yang benar. 

Meliputi tanggal keberangkatan, rute, dan termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Bagi yang ingin berangkat dengan kereta Lebaran, berikut cara beli tiket kereta dan persyaratannya yang harus diketahui.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT