ADVERTISEMENT

Perkokoh Identitas Nasional

Kamis, 23 Februari 2023 19:57 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Perlu dikembangkan sikap humanis sebagaimana terukir jelas dalam butir- butir filosofi bangsa kita dengan  menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusian, saling menyayangi, menghormati, tenggang rasa dan tidak semena – mena,”  
-Harmoko-

 
Setiap orang, kelompok, masyarakat, pasti memiliki identitas. Bahkan, untuk memperkuat identitasnya setiap daerah, acap memperkenalkan jargon, motto, simbol atau tagline di belakang nama daerahnya (kotanya) seperti kata “Beriman” yang diartikan  Bersih, Indah, dan Aman. Bermartabat” kepanjangan dari Bersih, Makmur, Taat, Bersahabat.

Dan,  masih banyak lagi semboyan lain yang digunakan oleh masing – masing daerah. Tujuannya menggerakkan masyarakat agar menjadikan kotanya seperti dalam semboyan dimaksud.

 

Dalam organisasi sosial kemasyarakatan, sosial politik pun identitas menjadi rujukan dalam menjalankan organisasinya, apakah paguyuban, komunitas hobi, bakat ataupun profesi hingga partai politik. Identitas, lazimnya dicantumkan dalam AD dan ART nya, termasuk simbol – simbol yang acap dipublikasikan.

Begitupun dalam kehidupan berbanga dan bernegara, perlu dibangun identitas nasionalnya sebagai jati diri bangsa. Kita tahu, sebuah bangsa tanpa jati diri akan terombang ambing oleh arus budaya asing, lebih – lebih di era globalisasi, digitalisasi seperti sekarang ini.

Berbicara jati diri, tentu tak lepas dari ciri- ciri, sifat dan karakter yang melekat pada diri bangsa kita seperti keberagaman suku, etnis, agama dan budaya. Di sisi lain, terdapat karakter sopan santun, ramah, rukun dan gotong royong yang berakar dari tradisi dan budaya bangsa.

 

Keberagaman adalah anugerah sebagai pengikat tali persatuan dan kesatuan bangsa. Hanya saja kerap diperdebatkan, kemudian disalahtafsirkan sehingga mencuat beragam perbedaan, hingga terbawa ke ranah kehidupan politik praktis seperti sekarang ini, yang tiada henti memperdebatkan perbedaan.

Termasuk memperdebatkan identitas, padahal setiap organisasi, perkumpulan dan parpol, masing – masing memiliki identitas.

Adab budaya bangsa kita mengajarkan untuk saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain, termasuk hak asasi, jati diri dan identitas masing – masing. Bukan mempersoalkan,apalagi memaksakan kehendak identitas dirinya kepada orang lain atau sebaliknya orang lain memaksakan identitasnya kepada kita.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT