ADVERTISEMENT

Pemain Otomotif Kelas SUV Bermunculan dengan Posisi Menyerang, Hegemoni Honda HR-V Digoyang

Kamis, 23 Februari 2023 13:57 WIB

Share
Chery Omoda 5 salah satu penantang Honda HR-V di kelas Sport Utility Vehicle.(Foto: Ahmad Trihawaari)
Chery Omoda 5 salah satu penantang Honda HR-V di kelas Sport Utility Vehicle.(Foto: Ahmad Trihawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Persaingan otomotif di kelas sport utility vehicle (SUV) di Indonesia makin ketat. Beberapa pemain baru bermunculan untuk merebut pasar dengan segmen B ini. 

Setelah Jepang, Korea, Eropa dan Amerika, pabrikan asal China ikut bertarung di kelas SUV. Perusahaan otomotif itu pun bersaing ketat dengan berbagai model, fitur canggih dan aksesoris untuk menarik minat konsumen di kelas ini.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan mobil dari pabrik ke showroom segmen low sport utility vehicle (LSUV) pada 2022 sebanyak 143.433 unit dengan kontribusi 13,7 persen dari total pasar otomotif nasional. 

Jumlah itu naik 24,3 persen dari periode Januari-Desember 2020 yang hanya 115.349 unit. Sedangkan sebelum pandemi atau pada 2019, sempat menyentuh 210.719 unit. 

Data ini menunjukkan kalau porsi penjualan SUV semakin dominan. 

Di segmen SUV B ternyata juga terjadi dinamika persaingan pasar yang ketat. Masih mengolah data Gaikindo, sepanjang 2021 praktis hanya ada dua model yang menikmati segmen ini, yaitu Honda HR-V dan Wuling Almaz RS (mesin 1.5 L turbo). 

Hingga saat ini HR-V masih menguasai pasar dengan penjualan 15.711 unit sedangkan Almaz RS cuma laku 9.694 unit. Lantas, persaingan mulai dilancarkan merek Korea Selatan, Hyundai, dengan meluncurkan Creta pada November 2021. Tapi baru mulai dipasarkan Februari 2022. 

Honda HR-V juga meluncurkan generasi terbaru HR-V pada Maret 2022, seolah menjawab tantangan persaingan di pasar. Sepanjang 2022, Honda HR-V masih berstatus sebagai penguasa pasar SUV segmen B terjual 25.228 unit, disusul Hyundai Creta 15.930 unit, dan Wuling Almaz 1.5 turbo 5.238 unit. Justru persaingan semakin memuncak pada 2023 ini. 

Penantang Baru Bermunculan Memasuki awal 2023, tepatnya dalam ajang Indonesia Internatinal Motor Show (IIMS) yang terselenggara di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Total ada lima merek yang sudah dan akan memasarkan model SUV segmen B mengepung Honda HR-V.

Tantangan datang dari Wuling yang resmi meluncurkan Alvez pada IIMS 2023. Wuling resmi meluncurkan Alvez yang memiliki desain dan fitur layaknya SUV segmen B namun punya harga yang menyasar ke segmen A. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT