ADVERTISEMENT

Google: Minat Warga Indonesia ke Luar Negeri Naik 280 Persen di 2022

Senin, 20 Februari 2023 06:00 WIB

Share
Perjalanan ke luar negeri. (Ilustrasi)
Perjalanan ke luar negeri. (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Minat warga Indonesia melakukan perjalanan ke luar negeri naik sebesar 280 persen pada tahun lalu.

Informasi ini mengacu data "Year in Search 2022" kategori minat atas "perjalanan" yang dirilis oleh Google.

Laporan Year in Search 2022 Google yang dikutip pada Senin (20/2/2023) menuliskan,"Tahun 2022 adalah tahun reuni, relaksasi dan kebangkitan perjalanan. Seiring dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah, masyarakat Indonesia semakin bersemangat untuk kembali bepergian serta merencanakan perjalanan yang penuh makna."

"Masyarakat mulai mempersiapkan paspor terlebih dahulu, terbukti dengan minat terhadap perjalanan internasional yang melambung hingga 280 persen. Kenaikan berikut bahkan diperkirakan lebih tinggi dari periode sebelum pandemi," lanjutnya.

Diungkapkan juga pencarian kata kunci yang berkaitan dengan pembuatan paspor dan serba-serbinya naik sebesar 90 persen. Di samping sejumlah destinasi paling diminati oleh para pelaku perjalanan.

"Laporan ini juga menunjukkan beberapa destinasi wisata terpopuler yang diincar oleh masyarakat Indonesia di mancanegara dan domestik," tulis Google.

Kota dunia yang diminati oleh wisatawan Indonesia yakni Kuala Lumpur, Bangkok, Sydney, Melbourne, Doha, Perth, Dubai, Amsterdam, London, dan Jeddah.

Sementara kota di Indonesia yang diminati seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Kuta Selatan, Medan, Semarang, Batam, dan Makassar.

Masyarakat juga disebutkan mencari yang cara baru dan berarti untuk merasakan tempat liburan terbaik. Banyak yang mulai merencanakan liburan dengan aktivitas baru dan bermakna. Baik untuk memenuhi daftar keinginan, penghargaan diri, atau pengembangan diri.

Google juga mencatat kenaikan penelurusan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kegiatan wisata. Di antaranya yaitu penelusuran terhadap kata kunci "perjalanan healing" sebanyak 40 persen, penelusuran "glamping" sebanyak 40 persen, penelusuran "event lari+ event sepeda" sebanyak 42 persen, dan penelusuran "festival trip" sebanyak 90 persen.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT