POSKOTA.CO.ID - Minat warga Indonesia melakukan perjalanan ke luar negeri naik sebesar 280 persen pada tahun lalu.
Informasi ini mengacu data "Year in Search 2022" kategori minat atas "perjalanan" yang dirilis oleh Google.
Laporan Year in Search 2022 Google yang dikutip pada Senin (20/2/2023) menuliskan,"Tahun 2022 adalah tahun reuni, relaksasi dan kebangkitan perjalanan. Seiring dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah, masyarakat Indonesia semakin bersemangat untuk kembali bepergian serta merencanakan perjalanan yang penuh makna."
"Masyarakat mulai mempersiapkan paspor terlebih dahulu, terbukti dengan minat terhadap perjalanan internasional yang melambung hingga 280 persen. Kenaikan berikut bahkan diperkirakan lebih tinggi dari periode sebelum pandemi," lanjutnya.
Diungkapkan juga pencarian kata kunci yang berkaitan dengan pembuatan paspor dan serba-serbinya naik sebesar 90 persen. Di samping sejumlah destinasi paling diminati oleh para pelaku perjalanan.
"Laporan ini juga menunjukkan beberapa destinasi wisata terpopuler yang diincar oleh masyarakat Indonesia di mancanegara dan domestik," tulis Google.
Kota dunia yang diminati oleh wisatawan Indonesia yakni Kuala Lumpur, Bangkok, Sydney, Melbourne, Doha, Perth, Dubai, Amsterdam, London, dan Jeddah.
Sementara kota di Indonesia yang diminati seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Kuta Selatan, Medan, Semarang, Batam, dan Makassar.
Masyarakat juga disebutkan mencari yang cara baru dan berarti untuk merasakan tempat liburan terbaik. Banyak yang mulai merencanakan liburan dengan aktivitas baru dan bermakna. Baik untuk memenuhi daftar keinginan, penghargaan diri, atau pengembangan diri.
Google juga mencatat kenaikan penelurusan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kegiatan wisata. Di antaranya yaitu penelusuran terhadap kata kunci "perjalanan healing" sebanyak 40 persen, penelusuran "glamping" sebanyak 40 persen, penelusuran "event lari+ event sepeda" sebanyak 42 persen, dan penelusuran "festival trip" sebanyak 90 persen.
Persentase penelusuran produk-produk portabel untuk kemudahan dan kenyamanan saat berwisata juga meningkat. Di antaranya penelusuran peralatan elektronik seperti “nano spray“ sebanyak 450 persen, penelusuran “setrika uap portable” sebanyak 30 persen, penelusuran “mesin cuci portabel“ sebanyak 70 persen, dan penelusuran “hair dryer“ sebanyak 70 persen.
Terkait semua.data pencarian Google yang disertakan dalam laporan ini bersumber dari Google Trends periode September 2021 hingga September 2022 dibandingkan dengan data year over year.
Tingginya minat masyarakat Indonesia berwisata dan bepergian sepanjang 2022 sejalan dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah.
Kebijakan ini mendorong masyarakat Indonesia kembali merencanakan perjalanan wisata. ***