ADVERTISEMENT

Benamkan Mesin Rocky dan Raize 1,2 L, Toyota Agya Diklaim Lebih Irit BBM Ketimbang Versi Sebelumnya

Selasa, 14 Februari 2023 10:55 WIB

Share
Toyota Agya.(ist)
Toyota Agya.(ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pecinta city car bakal kembali dimanjakan oleh produk Toyota.

Agya generasi terbaru bakal dirombak total pabrikan asal Jepang itu. Yang menarik, unit anyar tersebut mengusung mesin seri WA-VE 1.200 cc 3-silinder. 

Penggemar  Toyota dan Daihatsu pasti sangat  familiar dengan mesin ini. Bisa ditebak, Agya dan saudara kembarnya Ayla dibenamkan mesin yang sama dengan Rocky dan Raize 1.2L.

Mesin baru itu bertenaga 88 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm atau sekitar 112 Nm di 4.500 rpm. Output diteruskan ke roda depan dengan transmisi CVT atau manual.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, Agya menggunakan mesin 3NR-FE 4-silinder 1,2-liter DOHC Dual VVT-i. Menghasilkan tenaga sama yakni 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 107 Nm di 4.200 rpm.

Toyota  mengklaim berbagai peningkatan menarik dari mesin baru yang dipasangkan ke Agya terbaru. 

Sebut saja, tenaga yang meningkat 20 persen dari mesin lawas. Akselerasi makin cepat, untuk mencapai 40 sampai 80 km/jam kini hanya butuh 6,7 detik dari sebelumnya 7,2 detik.

 Model dengan transmisi CVT ini bisa mengkonsumsi BBM mencapai 21 km/liter dari sebelumnya di angka 19,7 km/liter. 

Varian transmisi manual lebih tinggi lagi sebesar 21,7 km/liter. Sebelumnya 19,5 km/liter.

 Pengembangan mesin WA-VE dengan formula platform TNGA, membuatnya menjadi lebih baik dari sisi efisiensi bahan bakar juga lewat fitur keselamatan yang berdampak pada pengalaman berkendara nantinya. Salah satunya lewat pembedahan teknologi mesin WA-VE di Daihatsu Rocky beberapa waktu lalu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT