ADVERTISEMENT

Selidiki Kasus Bripka Madih, Ini Fakya yang Didapat Polda Metro Jaya

Sabtu, 4 Februari 2023 09:00 WIB

Share
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (Ist)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID –  Polda Metro Jaya telah menyelidiki pengakuan anggota Provos Bripka Madih yang diduga mendapat perlakuan tak mengenakkan dari penyidik saat melapor kasus penyerobotan tanah orangtuanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, setelah dipelajari hasilnya ada tiga laporan polisi.

"Secara konstruktif kami mencoba mendalami, kemudian melakukan asistensi oleh dit Krimum terhadap kasusnya. Kemudian didapatkan adanya tiga laporan polisi," ujarnya kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (3/2/2023).

Laporan pertama dibuat langsung oleh ibu Bripka Madih yakni Halimah pada tahun 2011 silam dengan terlapor bernama Mulih. Dalam laporan tertulis soal tanah seluas 1.600 m, bukan seluas 3.600 m seperti yang disebutkan Bripka Madih.

"Namun fakta laporan polisinya adalah 1600 m. Ini terjadi inkonsistensi. tetapi dalam fakta hukum yang kami dapatkan di sini adalah 1.600 m," papar Trunoyudo.

Dari fakta yang ditemukan dan juga hasil pemeriksaan 16 saksi menyebut, sebidang tanah dengan nomor girik 191 sudah dijual oleh ayah Bripka Madih yang bernama Tonge dengan bukti 9 akta jual beli (AJB).

"Telah terjadi jual beli dengan menjadi 9 AJB dan sisa lahannya atau tanahnya dari girik 191 seluas 4.411, jadi yang telah diikatkan dengan AJB (akta jual beli) seluas 3.649,5 meter. Artinaya sisanya hanya sekitar 761 meter persegi," ucapnya.

Trunoyudo menjelaskan AJB itu telah diteliti oleh tim inafis dengan rangkaian metode khusus. Hasilnya cap jempol dalam AJB tersebut identik. Dalam laporan itu penyidik tak menemukan adanya perbuatan melawan hukum.

"Fakta identik ini dijual oleh Tonge, merupakan ayah dari Madih yang dijual sejak tahun 1979 sampai 1992. Berarti pada saat penjualan orang tuanya yang bersangkutan kelahiran 1978, masih kecil," tururnya.

"Dalam proses ini, penyidik sudah melakukan langkah-langkah, belum ditemukannya adanya perbuatan melawan hukum. Ini LP 2011 yang dilaporkan ke PMJ," tambahnya.

Ia menjelaskan penyidik berinisial TG yang saat itu menangani laporan orang tua Madih sudah purnawirawan. Ia sudah pensiun menjadi anggota Polri sejak tahun 2022.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT