Ditunda Hingga 2025, 108 Kades di Pandeglang Ngadu ke PDIP, Minta Digelar Tahun 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 18:15 WIB

Share
Para Kades di Pandeglang saat berdiskusi dengan jajaran PDI Perjuangan. (Foto: Samsul Fatoni)
Para Kades di Pandeglang saat berdiskusi dengan jajaran PDI Perjuangan. (Foto: Samsul Fatoni)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Sejumlah Kepala Desa (Kades) dari 108 desa di Pandeglang yang bakal habis jabatannya di akhir tahun 2023, mengadu ke anggota DPRD dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), agar Pilkades serentak dapat dilaksanakan tahun 2023 ini. 

Hal itu dilakukan, lantaran para Kades dari 108 tersebut tidak puas dengan keputusan hasil rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pandeglang beberapa hari lalu, yang memutuskan Pilkades ditunda ke tahun 2025 mendatang.

Sejumlah Kades dari 108 itu menginginkan, meminta bantuan kepada para anggota DPRD dari PDI Perjuangan, agar mengupayakan Pilkades serentak di Pandeglang dapat dilaksanakan tahun 2023 ini. 

Jika memang benar-benar Pilkades tetap tidak bisa dilaksanakan tahun 2023 ini. 

Solusi terakhirnya para Kades dari 108 tersebut, ketika jabatan sudah habis di akhir tahun 2023, bisa kembali menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Kades hingga tahun 2025 mendatang.

"Meski Forkopimda sudah memutuskan Pilkades ditunda ke tahun 2025. Tapi harapan besarnya keputusan dari Forkopimda itu dicabut lagi, dan Pilkades bisa digelar tahun ini," ungkap salah seorang Kades saat berdiskusi dengan para anggota DPRD dari Fraksi PDIP di kediaman Wakil DPD PDIP Banten, Sabtu (4/2/2023).

Menanggapi aspirasi dari sejumlah Kepala Desa di Pandeglang, Wakil Ketua DPRD Banten, Eri Suhaeri mengaku akan membantu memperjuangkan keinginan para Kades yang mengharapkan pelaksanaan Pilkades di Pandeglang dapat digelar tahun 2023 ini. 

Politisi PDIP itu akan berkoordinasi langsung dengan Pj Gubernur Banten terkait dengan keinginan para Kades dari 108 di Pandeglang tersebut. 

"Kami siap membantu para Kades ini yang menginginkan Pilkades dilaksanakan tahun ini. Malam ini juga saya akan menghadap Pj Gubernur Banten, Al Muktabar," katanya.

Politisi PDIP tersebut juga menyampaikan, ketika Pilkades benar-benar tidak bisa dilakukan tahun ini, upaya lain yang bakal diperjuangkan itu keinginan Kades ketika sudah habis masa jabatannya bisa menjadi Pjs Kades.

Halaman
Reporter: Samsul Fathony
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar