ADVERTISEMENT

KPK Tunjuk Desa Bandung di Pandeglang Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

Rabu, 1 Februari 2023 09:14 WIB

Share
Tim penilai program desa anti korupsi dari KPK saat berkunjung ke Desa Bandung Pandeglang. (Ist).
Tim penilai program desa anti korupsi dari KPK saat berkunjung ke Desa Bandung Pandeglang. (Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG,  POSKOTA.CO.ID –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk.salah satu desa di Kabupaten Pandeglang, untuk dijadikan sebagai percontohan desa anti korupsi, yakni Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang.

Ditunjuknya Desa Bandung sebagai percontohan desa anti korupsi, sebagai upaya dalam peningkatan peran serta masyarakat pada upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. 

Ketua tim observasi desa anti korupsi pada Direktorat peran serta masyarakat KPK RI, Nurjahyadi mengatakan, kunjungan yang dilakukan ke Desa Bandung di Pandeglang ini, untuk melakukan observasi percontohan desa anti korupsi.

"Program desa anti korupsi KPK ini sudah kami lakukan di 22 Provinsi di Indonesia. Salah satunya di Provinsi Banten, yaitu Desa Bandung di Pandeglang," katanya, Selasa (31/1/2023).

Diungkapkannya, ada beberapa indikator untuk penilaian desa anti korupsi diantaranya, tata laksana, pengawasan, kearifan lokal, partisipasi masyarakat dan pelayanan publik.

"Untuk target penilaian desa anti korupsi ini paling minim nilainya 90. Karena jumlah nilai itu sudah masuk nilai istimewa, namun untuk mencapai nilai itu membutuhkan waktu yang cukup panjang prosesnya," ungkapnya.

Sementara, Kepala Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Pandeglang, Wahyu Kusnadiharja mengaku, merasa bangga jika desanya dijadikan percontohan sebagai desa anti korupsi oleh KPK.

"Kami merasa bangga terpilihnya desa kami sebagai percontohan desa anti korupsi. Tentu apa saja yang dibutuhkan oleh pihak KPK sebagai dasar instrumen dokumen kelengkapan akan segera kami lengkapi," ujarnya.

Ia juga berharap, dengan ditunjuknya desa Bandung menjadi percontohan desa anti korupsi, maka menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus berkomitmen dalam pemberantasan korupsi.

"Tentu ini jadi motivasi kami ke depan, dan menjadi inspirasi untuk desa kami bebas korupsi," tandasnya. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT