KPU Lebak Bakal Siapkan TPS Khusus di Pesantren dan Perusahaan pada Pemilu 2024

Senin, 30 Januari 2023 09:04 WIB

Share
Informasi Informasi pemilu 2024 KPU Lebak. (Foto: Ist). KPU Lebak. (Foto: Ist).
Informasi Informasi pemilu 2024 KPU Lebak. (Foto: Ist). KPU Lebak. (Foto: Ist).

LEBAK, POSKOTA.CO.ID – Persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, telah mempersiapkan segala aspek dalam memenuhi hak pilih setiap warga.

Salah satunya, KPU Lebak bakal menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) khusus di sejumlah lokasi seperti pesantren, lapas dan perusahaan pada Pemilu 2024 di Kabupaten Lebak.

Komisioner KPU Lebak, Encep Supriatna mengatakan, persiapan untuk membentuk TPS khusus tersebut untuk memenuhi hak setiap warga dalam menyalurkan hak politiknya. Baik di lingkungan pondok pesantren, Lembaga Pemasyarakatan maupun perusahaan.

"Misalnya yang di Ponpes dan Perusahaan, mereka saat pada hari H pemilihan mereka tidak dapat hadir, maka kami akan siapkan TPS khusu," katanya, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, dari hasil pendataan sementara, TPS khusus tersebut akan ditempatkan di PT Cemindo Gemilang, Kecamatan Bayah, Lapas Kelas III Rangkasbitung, Ponpes Darunnaim di Kecamatan Kalanganyar dan Ponpes Darel Azhar Rangkasbitung.

"Kami masih mendata tempat lainnya dalam mendirikan TPS khusus. Supaya hak politik warga yang ada di Ponpes, perusahaan maupun Lapas bisa tersalurkan maksimal," ungkapnya.

Encep menjelaskan, keberadaan TPS khusus ada aturannya dan tidak langsung begitu saja dapat ditempatkan. Aturannya untuk TPS khusus ini pemilihnya lebih dari seratus yang ada di tempat tersebut, kalau kurang bisa tidak bisa dibuatkan TPS khusus.

"Selain itu, TPS khusus ini juga harus dari permintaan pihak pengelola dari pemilik tempat itu sendiri. Kita tidak bisa sembarangan membentuk tanpa ada persetujuan pengelola atau pemilik lokasi yang akan dibuat TPS khusus," ujarnya.

Adapun untuk petugas penyelenggaran yang bakal dibentuk dalam TPS khusus itu, sementara masih dalam pembahasan. Apakah nantinya direkrut dari orang yang ada di lokasi tujuan ataukah seperti apa.

"Jadi petugas di TPS khusus nanti berasal dari lingkungan internal tempat itu sendiri atau kah dari luar sejauh ini masih kami bahas. Tergantung nanti bagaimana kesepakatan bersama," tandasnya. (Samsul Fatoni).

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar