Pemprov DKI Manfaatkan Lahan Tak Terurus untuk Penghijauan Tanam Pohon

Jumat, 27 Januari 2023 13:48 WIB

Share
Pj Gubernur Heru Budi menanam pohon dengan memanfaatkan lahan pemerintah tak tertata. (Ist)
Pj Gubernur Heru Budi menanam pohon dengan memanfaatkan lahan pemerintah tak tertata. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menghadiri kegiatan penanaman pohon di halaman Laboratorium Balai Tekstil Jakarta, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Januari 2023.

Di lahan terbuka hijau seluas 761 meter persegi tersebut, ditanam 525 pohon yang terdiri dari 500 cabai rawit, 15 pohon cempaka putih, dan 10 pohon ketapang kencana.

"Hari ini, kami menanam pohon, salah satunya Cempaka Putih di lokasi ini. Berikutnya, di luar lokasi ini, Pak Wali Kota juga memerintahkan kepada seluruh camat dan lurah se-Jakarta Pusat menanam dalam waktu yang sama," ucapnya.

Heru mengatakan, kegiatan penanaman pohon gencar dilakukan Pemprov DKI untuk menjadikan Jakarta sebagai kota hijau dan ramah lingkungan. 

 

Untuk itu, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di lahan atau gedung yang menjadi aset Pemprov DKI, tetapi juga dilakukan penanaman pohon di satu lokasi per satu kelurahan, serta penambahan pohon-pohon baru di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dan taman-taman baru hasil penataan kawasan.

"Kemarin sudah ada 256 lokasi, plus RPTRA yang kita tetap rawat, dan taman-taman yang lain. di Jakarta Pusat ada 104 taman, ditambah 1 (satu) hari ini, jadi 105 taman. Kalau satu bulan satu lokasi di satu kelurahan, maka sudah ada 256 lokasi taman. Dan hari ini bertambah lagi," ujar Pj Heru.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma menambahkan, selain untuk menghijaukan kota Jakarta, kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan tindak lanjut program Pj Gubernur DKI Jakarta yang ingin memanfaatkan aset-aset Pemprov DKI yang tidak terawat dan tidak tertata rapi menjadi area penghijauan yang lebih terawat, rapi dan indah.

 

"Jadi kita ingin, Jakarta lebih hijau. Makanya kegiatan ini kita lakukan secara serentak di keluruhan dan kecamatan, hingga di tingkat kota Jakarta Pusat yang memiliki aset pemda yang tidak tertata rapi untuk kita tanami pohon-pohon. Arahannya itu, tanami pohon sebanyak-banyaknya pada aset-aset yang tidak tertata, maupun ruang-ruang publik yang masih terlihat coklat, hijaukan," terang Danny Sukma.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar