ADVERTISEMENT

Cianjur Kembali Digoyang Gempa Bumi Berskala 4.3 Magnitudo

Selasa, 24 Januari 2023 05:05 WIB

Share
Gempa di Cianjur.(BMKG)
Gempa di Cianjur.(BMKG)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID –  Akibat sesar Cugenang, Kabupaten Cianjur lagi-lagi digoyang gempa bumi tektonik pada Selasa (24/1/2023) sekira pukul 02.45.01 WIB.

Kali ini, gempa tektonik yang menggoyang Kabupaten Cianjur ini berskala 4,3 Magnitudo dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. 

Informasi itu disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hantanto.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,3 Magnitudo. Episenter terletak pada koordinat 6.82 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratLaut, Kabupaten Cianjur pada kedalaman 10 km," ungkapnya melalui keterangan tertulisnya. 

Hartanto menyebut, jenis dan mekanisme gempabumi ini sendiri merupakan gempa dangkal di sekitar Cugenang. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," terangnya.  

Melalui peta guncangan, dampak gempa ini dirasakan masyarakat di beberapa wilayah, seperti di Cikalongkulon, Cipanas, Sukabumi, Cianjur, Warungkondang, dan Karangtengah dengan Skala Intensitas III - IV MMI.

"Getaran dirasakan nyata di dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu. Diluar juga dirasakan beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi," ujarnya. 

Di Purwakarta, kata Hartanto, gempa dirasakan dengan Skala Intensitas III MMI. "Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Hartanto.

Bahkan, gempa di Cianjur Jawa Barat ini pun turut dirasakan di beberapa wilayah lainnya, seperti Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok dengan Skala Intensitas II MMI.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT