ADVERTISEMENT

Plat Nomor Kendaraan Berganti dari Warna Dasar Hitam ke Putih Ternyata untuk Kepentingan ETLE

Sabtu, 21 Januari 2023 23:07 WIB

Share
Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnaen. (ist)
Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnaen. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PURWAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Masyarakat perlu tahu Korlantas memutuskan untuk mengganti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang sebelumnya berwarna dasar hitam menjadi putih. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasatlantas AKP Warjo didampingi Kanit Regident Iptu Pol Sentra Jumat (20/1/2023) menjelaskan perubahan TNBK untuk kepentingan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Menurutnya, perubahan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No 05/2002 yang diganti oleh Peraturan Kepolisian Republik Indonesia (Perpol) No 07/2021 tentang lalu lintas angkutan jalan registrasi dan identifikasi kendaraan vermotor.

"Pemberlakuan TNKB warna putih ini efektifnya sudah berlaku September 2022 lalu, diprioritaskan bagi kendaraan baru," ungkapnya.

Namun, lanjut dia, untuk kendaraan lama juga bisa ganti pelat putih apabila pajak 5 tahunan TNKB sudah habis.

"Saat ini, material TNBK sudah menggunakan spesifikasi yang baru (pelat putih). Bisa dipakai oleh kendaraan yang baru dan kendaraan yang masa berlaku TNKB sudah habis," jelas Warjo.

Ditanya mengenai material serupa (warna putih) juga digunakan oleh pejabat diplomatik (dubes) dan pejabat tinggi negara RI, dia menerangkan bahwa ada perbedaannya yakni menggunakan dua huruf didepannya seperti CD, CC, CH dan RI.

Selain itu, dia menambahkan terdapat juga warna hitam berplat biru. "TNKB hitam biru itu untuk kendaraan listrik. Di Purwakarta baru ada 2 kendaraan roda empat dan 1 unit sepeda motor," paparnya seraya menambahkan peralihan pelat hitam ke putih di Purwakarta sudah hampir menyeluruh.

Pemilik kendaraan bermotor Ny Nur, 38, mengaku sudah tahu ada perubahan TNKB dari warna dasar  hitam menjadi putih.

"Pelat nomor sepeda motor saya pun sudah berwarna putih. Makin jelas dan keren," pujinya. (dadan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT