BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 11:04 WIB

Share
Ilustrasi gelombang tinggi. (ist)
Ilustrasi gelombang tinggi. (ist)
JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berpotensi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 18-20 Januari 2023.
 
Hal itu  dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot.
 
Demikian dikatakan Akhmad Taufan Maulana, Koordinator Bidang Humas BMKG di Jakarta, Rabu (18/1/2023).  
 
Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Arafuru dan perairan Yos Sudarso.
 
Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.50 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Aceh - Kep. Mentawai, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan P. Sumba, Selat Alas dan Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan P. Sawu - P. Rotte, Laut Sawu, Samudra Hindia Selatan NTT, Laut Natuna, perairan timur Bintan, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, perairan Kep. Sangihe - Kep. Talaud, perairan Bitung - Kep. Sitaro, Laut Maluku, perairan utara dan timur Kep. Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Raja Ampat - Jayapura, perairan P. Biak, Samudra Pasifik Utara Halmahera - Jayapura, Laut Arafuru bagian barat dan timur Kep. Aru, perairan Yos Sudarso, perairan Kep. Sermata - Tanimbar, perairan Kep. Kai - Aru.
 
Sedangkan, pada gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2.50 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Lampung, perairan P. Enggano, Samudra Hindia Barat Bengkulu - Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan P. Jawa - Bali - Lombok - P. Sumbawa, Selat Bali dan Lombok bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa - NTB, perairan Kep. Anambas - Natuna, Laut Arafuru bagian timur - selatan Merauke.
 
Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara. Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.
Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi laut.
 
Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (johara)

 

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar