ADVERTISEMENT

Wapres Berharap Pemilu 2024 Tidak Merusak Keutuhan Bangsa: Jaga Tanah Air

Jumat, 13 Januari 2023 23:14 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jelang Pilpres 2024, kondisi politik dalam negeri sudah mulai memanas lantaran Pemilu rencananya digelar secara serentak pada 14 Februari 2024.

Dalam situasi tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin berharap agar tidak ada perdebatan yang mengarah kepada keterbelahan bangsa.

“Kita berharap pemilu ini tidak merusak keutuhan bangsa ini, tidak membangun keterbelahan, perdebatan-perdebatan itu,” harap Wapres dalam sambutannya saat Peresmian Pembukaan Ijtima’ Ulama Nusantara yang digelar oleh  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Hotel Millennium, Jakarta, Jumat (13/01/2023).

Wapres berpesan agar perdebatan mengenai perbedaan pilihan politik boleh dilakukan asal dengan cara yang lebih baik untuk mendiskusikan apa yang terbaik untuk negara, tanpa mengakibatkan permusuhan.

"Dengan cara yang terbaik itu, andai saja ada permusuhan, permusuhan akan hilang,” ungkapnya.

Pada acara yang bertajuk “Ulama Bangkit Bersatu Menjaga Indonesia” tersebut, Wapres menekankan kembali bahwa ulama memiliki berbagai peran, salah satunya menjaga umat dan menjaga negara.

"Dengan menjaga Tanah Air itu kita menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta. Itulah yang dulu ditujukan oleh para ulama pada santrinya untuk menjaga dan membela negara,” jelasnya.

Secara lebih kongkret menjaga tanah air oleh ulama, menurut Wapres dapat dilakukan dengan bersama-sama merumuskan solusi terhadap persoalan-persoalan bangsa, termasuk juga di dalamnya mengenai politik dalam rangka membangun bangsa.

“Cinta Tanah Air sebagian dari iman, oleh karena itu ketika merumuskan soal-soal politik maka kita menjaga itu semua, termasuk menjaga tanah air, nah sekarang ini yang kita jaga itu bagaimana menyukseskan pembangunan nasional kita,” terangnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap agar Ulama dapat ikut serta menjaga bangsa dengan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT