ADVERTISEMENT

Megawati Tak Umumkan Capres Saat HUT PDIP, Pengamat: Kode untuk Ganjar yang Akan Dicalonkan

Jumat, 13 Januari 2023 17:37 WIB

Share
Ganjar Pranowo. (Foto: Tim media Ganjar Pranowo).
Ganjar Pranowo. (Foto: Tim media Ganjar Pranowo).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pakar Politik dari Universitas Gadjah Mada, Mada Sukmajati, menilai langkah Megawati yang memilih tak mengumumkan capres saat HUT PDIP merupakan kode bahwa Ganjar Pranowo yang nantinya akan dicalonkan.

"Sebenarnya kemarin memutuskan untuk tidak mengumumkan itu sebenarnya ya justru mengkonfirmasi dugaan publik bahwa PDIP akan mencalonkan Ganjar Pranowo," kata Mada dalam diskusi 'Menyongsong Tahun Politik 2024' di IGM, Jumat (13/1/2023).

Menurut Mada, PDIP dipastikan mengusung Ganjar. Apalagi elektabilitas Gubernur Jawa Tengah selalu moncer di sejumlah survei. Sedangkan elektabilitas Puan sampai saat ini dinilai masih rendah, sehingga PDIP nantinya akan kesulitan mendongkrak elektabilitas Ketua DPR itu.

"Kalau Bu Puan kan berat ya untuk ngangkat dalam waktu dekat ini elektabilitasnya," ujarnya.

 

 

Sementara itu, ia juga merespons rumor yang menyebut bahwa PDIP akan mengusung Megawati. Meskipun secara prosedural hal itu bisa dilakukan, namun hal tersebut tetap saja dinilai akan menyulitkan langkah PDIP untuk bisa hattrick sebagai pemenang pemilu.

"Ya kita kan nggak tau, sejauh ini seperti yang ada di survei lembaga-lembaga kredibel kan nama Bu Mega nggak ada," tuturnya.

Dengan belum diumumkannya calon presiden yang diusung PDIP, Mada menilai masih sulit untuk menerawang berapa kandidat capres yang akan bertarung di Pilpres 2024.

Selain Anies Baswedan yang telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem, menurutnya kemungkinan Partai Gerindra juga akan mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT