ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Perlu Keunggulan Baru

Kamis, 12 Januari 2023 06:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: Dimas Azisoko

 

"Negara wajib hadir memberi perlindungan untuk mengangkat harkat dan martabat rakyat kecil. Perlindungan tidak selesai pada pelaksanaan program, tetapi sampai terwujudnya kemandirian dan keunggulan baru.” - Harmoko-
 
Negeri kita memiliki keunggulan sejati, keunggulan yang tidak dimiliki negara lain, yakni keunggulan di bidang seni dan budaya serta kekayaan alam. Kekayaan sumber daya alam yang tiada tara, sering disebut “gemah ripah loh jinawi” – tanahnya subur makmur, tukul tanpa tinandur (tumbuh tanpa perlu ditanam). Dunia pun memberinya nama “Zamrud Khatulistiwa” atau The Emerald of Equator.

Sebuah julukan yang diberikan oleh negara – negara lain di dunia karena kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah, memukau serta letak geografisnya yang dilintasi garis khatulistiwa.

Jika dilihat dari atas,negeri kita dikelilingi  hutan, pegunungan hingga sabana, tampak hijau dan menyejukkan layaknya batu zamrud.

Keunggulan sejati inilah yang hendaknya terus dijaga, dirawat dan dikembangkan terus menerus menjadi keunggulan mutlak sebagai alat tawar ( negosiasi ) untuk mengembangkan ekonomi dan perdagangan di dunia, setidaknya di Asia. Lebih-lebih sebagai potensi memajukan negeri.

Di sisi lain, negara disebut memiliki keunggulan mutlak jika mampu memproduksi barang dan jasa yang tidak diproduksi negara lain.

Cukup banyak produk barang dan jasa bangsa kita yang tidak dimiliki negara lain baik di bidang industri pertanian maupun perdagangan, apalagi  di sektor seni dan budaya.

Di sektor pertanian seperti kopi misalnya, Indonesia memiliki beragam rasa kopi dari sejumlah daerah yang diminati dunia. Indonesia mampu memproduksi secara lebih efisien dengan harga yang lebih murah dibanding negara lain.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT