ADVERTISEMENT

Rencana Pilkades Serentak 2023 di Pandeglang Belum Ada Kepastian, Pemkab Jelaskan Alasannya

Selasa, 10 Januari 2023 08:19 WIB

Share
Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan. (Foto: Ist).
Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Rencana Pilkades Serentak 2023 di Kabupaten Pandeglang, hingga saat ini belum ada kepastian jadi dilangsungkan ataukah ditunda. 

Pihak Pemkab Pandeglang menjelaskan alasannya. Dalam menggelar pesta demokrasi Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) tersebut di sebanyak 110 desa, Pemkab Pandeglang masih menunggu surat dari Kementrian Dalam Negeri (Mendagri).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengungkapkan, pihaknya belum bisa memutuskan apapun soal pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 di Kabupaten Pandeglang. 

Lantaran menurut Doni, masih menunggu keputusan Mendagri, sebab sejauh ini surat yang dilayangkan Pemkab Pandeglang belum ditandatangani oleh Mendagri.

"Kami belum bisa memutuskan apapun soal Pilkades 2023, karena sejauh ini kami masih menunggu keputusan dari Mendagri," Senin (9/1/2023).

Dikatakan Doni, bisa dilaksanakan atau tidaknya Pilkades di Pandeglang masih menunggu keputusan mutlak ada di Mendagri. Pemkab tidak bisa mendahului Mendagri, karena acuannya dari Kemendagri.

Namun meski demikian katanya lagi, sejauh ini pihaknya sudah menganggarkan untuk pelaksanaan itu di APBD Pandeglang Tahun 2023. 

"Kapanpun itu kami siap, apalagi anggarannya juga sudah diploting di APBD Pandeglang tahun ini. Ya itu tadi, kami tak bisa memutuskan karena keputusannya ada di Pemerintah Pusat," katanya.

Lanjut Doni, adapun jumlah desa yang tersebar di 35 kecamatan yang harus melaksanakan Pilkades serentak tahun 2023 itu ada sebanyak 110 Desa. 

"Seharusnya Pilkades tahun ini berjumlah 108, tapi karena ada yang gagal melaksanakan tahun kemarin dan ada yang meninggal, jadi tahun ini ada 110 yang harus melaksanakan Pilkades," ujarnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT