ADVERTISEMENT

BPIP Siap Tanamkan Nilai Pancasila Melalui Bedah Musik dan Film untuk Generasi Milenial

Rabu, 28 Desember 2022 23:26 WIB

Share
BPIP Siap Bumikan 'Pancasila' Melalui Bedah Musik dan Film. (ist)
BPIP Siap Bumikan 'Pancasila' Melalui Bedah Musik dan Film. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) siap menanamkan nilai pancasila untuk generasi milenial melalui bedah musik dan film, agar generasi milenial lebih antusias lagi dalam memaknainya.

"Jadi, untuk membumikan Pancasila itu bisa lewat berbagai strategi diantaranya melalui acara musik, film, seni dan kebudayaan, agar generasi milenial mengkajinya itu tidak monoton," kata Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi di Segarra Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2022).

Tak hanya mengadakan program kegiatan melalui musik, BPIP juga memiliki strategi lainnya untuk mensosialisasikan arti penting pendidikan karakter pancasila yakni melalui bidang akademik.

"Nanti melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, akan diadakan kembali pelajaran tentang pancasila untuk anak-anak sekolah," papar Prof. Yudian Wahyudi.

BPIP menyelenggarakan kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2022 dengan tema acara BPIP Meroket Bersama Media itu turut menggandeng insan pers diantaranya PWI Jaya, Dewan Pers, sejumlah Pimpinan Redaksi dan lain sebagainya.

"Tujuannya untuk mencegah ideologi transnasional atau yang bukan Indonesia, kita harus berperan aktif hingga ke daerah-daerah untuk memberikan contoh yang baik soal nilai-nilai kesatuan Indonesia, soal toleransi beragama dan Bhineka Tunggal Ika," tambah Yudian Wahyudi.

Wakil Kepala BPIP, Dr. Karjono menambahkan, Pancasila in Action penting dilakukan dalam kehidupan keseharian.

Membumikan Pancasila, menurutnya bukan hanya tugas BPIP namun juga seluruh rakyat Indonesia. 

Untuk itu, BPIP pun mengandeng sejumlah stakeholder diantaranya BNPT, BNN dan KPK.

Masing-masing lembaga ini diajak berkolaborasi dalam menyebarkan nilai-nilai Pancasila.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT