ADVERTISEMENT

Libur Sekolah dan Nataru 2023, Arus Lalu Lintas di Kawasan Puncak Meningkat hingga 30 Persen

Kamis, 22 Desember 2022 17:21 WIB

Share
Traffic lalu lintas jalur puncak. (panca)
Traffic lalu lintas jalur puncak. (panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Memasuki liburan sekolah dan Nataru 2023, lalu lintas jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, mulai mengalami kenaikan hingga 30 persen, Kamis (22/12/2022).

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, di lalu lintas Simpang Gadog terpantau mengalami peningkatan sejak Senin (19/12/2022.

"Oleh karena itu kita memainkan pola oneway untuk melakukan penarikan arus ke atas dah juga pada malam dan sore harinya kita melakukan penarikan arus ke bawah," ungkapnya kepada wartawan. 

Sejak awal pekan ini, kata Dicky, terjadi peningkatan hingga 30 persen di Jalur Kawasan Wisata Puncak. 

"Platnya memang plat luar kota, didominasi plat B yang masuk dari arah Jakarta menuju kawasan wisata Puncak," ujarnya. 

Pihak kepolisian memprediksi, puncak kemacetan di jalur wisata ini akan tiba pada Jum'at (23/12/2022).

"Prediksi kami peningkatan di mulai besok yaa, di hari jumat, karena memang bertepatan dengan weekend juga, kemudian nanti puncaknya lagi terjadi masuk di tanggal 29 Desember," terangnya. 

Sesuai dengan permenhub nomor 84 terkait gage di kawasan wisata Puncak, sambung Dicky, penerapan ganjil genap berlaku bagi roda dua maupun roda empat.

"Artinya penebalan personel yang telah kita siapkan dalam rangka operasi lilin lodaya 2023 ini, kita maksimakan pada pelaksanaan gage, besok kita akan mulai hingga hari minggu, jadi jumat sabtu minggu akan kita lakukan gage. Kita laksanakan perhari Jumat jam 3 sore sampe dengan minggu jam 12 malem," terangnya. 

Penerapan gage ini bertujuan, tambah Dicky, untuk mengembalikan kapasitas daya tampung jalan terhadap kendaraan yang masuk.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT