ADVERTISEMENT

Cegah Penularan Covid-19 Saat Nataru 2023, Dinkes DKI Buka Layanan Vaksin Gratis di Gereja hingga Terminal

Rabu, 21 Desember 2022 17:10 WIB

Share
Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti. (aldi)
Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti. (aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Untuk persiapan libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta membuka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, seperti sentra vaksinasi yang dibuka mulai hari ini tanghal 21 hingga 24 Desember 2022 di beberapa gereja di Jakarta.

"Untuk mendukung perayaan Natal, kami siapkan booth untuk vaksinasi di gereja-gereja besar di tiap kecamatan, sehingga masyarakat umum maupun jemaat yang sedang menyiapkan ibadah natal dapat segera melengkapi vaksinasi Covid-19-nya, termasuk booster kedua untuk mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Jakarta pada Selasa (20/12/2022).

Selain itu, layanan vaksinasi juga dibuka di 44 puskesmas kecamatan dan tempat-tempat umum seperti mal dan taman yang mudah diakses.

Tidak hanya di pagi hari, sebagian di antaranya juga memberikan layanan vaksinasi pada sore dan malam hari, yaitu pukul 16.00-20.00 WIB pada hari kerja maupun akhir minggu. 

Maka dari itu, Widyastuti mengimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi sesuai ketetapan pemerintah.

"Masyarakat yang belum lengkap vaksinnya kami imbau untuk segera melengkapi vaksinasinya. Bahkan untuk warga yang telah berusia 60 tahun ke atas saat ini telah dapat menerima vaksinasi Covid-19 dosis ke-4 atau booster kedua. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) satgas terakhir, untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu melakukan antigen dan PCR asalkan sudah melengkapi vaksinnya," jelas Widyastuti.

Lebih lanjut, sebagai langkah deteksi dini, Dinkes DKI juga mengimbau bagi masyarakat yang bergejala batuk, pilek, demam, atau sakit tenggorokan, untuk segera melakukan pemeriksaan antigen/PCR yang bisa dilakukan secara gratis di seluruh puskesmas kecamatan DKI Jakarta.

Sebab, kewaspadaan terhadap Covid-19 ini perlu terus dipertahankan apalagi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki penyakit komorbid, karena berisiko lebih besar untuk mengalami gejala berat jika tertular Covid-19.

Selain itu, Widyastuti juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan vaksinasi Covid-19 secara gratis di terminal antarkota DKI Jakarta pada 19 Desember 2022-3 Januari 2023 pukul 10.00 WIB-15.00 WIB (setiap hari, tidak ada hari libur). 

Adapun beberapa terminal yang dibuka tempat pemeriksaan dan vaksinasi di antaranya Terminal Pulogebang (Gedung C lantai 2, depan klinik), Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Tanjung Priok (Lantai 2).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT