ADVERTISEMENT

Presiden Jokowi Berharap Bendungan Semantok di Nganjuk Dapat Meningkatkan Produksi Pertanian

Selasa, 20 Desember 2022 18:23 WIB

Share
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. (Foto: biro pers)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. (Foto: biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, Selasa  (20/12/2022). 

Ini merupakan bendungan ke-30 yang diresmikan menjelang akhir tahun 2022. Pemerintah mentargetkan 50 sampai 60 bendungan yang akan diresmikan sampai tahun 2024.

Bendungan Semantok mulai dibangun sejak tahun 2017 dengan nilai investasi mencapai Rp2,5 triliun. Bendungan tersebut, kata Presiden Jokowi, memiliki kapasitas tampung yang sangat besar yaitu 32,67 juta meter kubik. 

“Kapasitas tampung dari bendungan ini sangat besar sekali, 32,6 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare yang kurang lebih akan mengairi sawah 1.900 hektare,” lanjut Jokowi dalam sambutannya  saat meresmikan Bendungan Semantok.

Dalam acara itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana, juga hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. 

Jokowi berharap Bendungan Semantok dapat memberikan manfaat bagi para petani khususnya di Kabupaten Nganjuk. Juga, Presiden Jokowi berharap Bendungan Semantok mampu meningkatkan hasil produksi pertanian para petani dengan jumlah panen yang lebih tinggi dari biasanya. 

“Kita harapkan nantinya dengan bendungan ini, mestinya yang di bawah yang nanti terairi. Kalau biasanya panen sekali bisa panen dua kali. Kalau biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali. Biasanya enggak (panen), bisa ditanami padi misalnya, bisa panen dua kali atau tiga kali,” kata Presiden.

Presiden Jokowi mengatakan  bendungan ke-30 yang telah diresmikan oleh pemerintah dari target peresmian bendungan hingga akhir tahun 2024.

“Sampai hari ini, Bendungan Semantok ini adalah bendungan ke-30 yang telah kita resmikan dari nantinya target kurang lebih 50-an, 60-an di akhir 2024,” ujar Presiden.

Presiden menegaskan bahwa air merupakan kunci dari sejumlah sektor mulai dari pariwisata hingga pertanian. Dengan makin banyak bendungan yang dibangun, Presiden berharap kesejahteraan para petani Indonesia makin membaik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT