ADVERTISEMENT

Reservoir Komunal PAM JAYA Jadi Solusi Penuhi Kebutuhan Air Bersih di Marunda Kepu

Jumat, 16 Desember 2022 19:50 WIB

Share
Peninjauan Pelayanan PAM JAYA di Kampung Marunda Kepu. (foto: ist)
Peninjauan Pelayanan PAM JAYA di Kampung Marunda Kepu. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PAM JAYA selenggarakan kegiatan “Peninjauan Pelayanan PAM JAYA di Kampung Marunda Kepu” di Marunda Kepu, Jakarta Utara, Jumat 16 Desember 2022. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Camat Cilincing Anita Permata Sari, dan Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin.

Dalam kegiatan ini, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin meninjau langsung kondisi suplai air di Marunda Kepu setelah dilakukan pembangunan reservoir komunal oleh PAM JAYA.

Saat ini, warga di Marunda Kepu telah merasakan manfaat adanya reservoir komunal, yakni tersedianya suplai air di wilayah tersebut.

Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin mengatakan, selama beberapa bulan terakhir, warga di Marunda Kepu mengalami kekurangan air bersih. Hal tersebut diakibatkan kurangnya tekanan serta peningkatan kebutuhan.

“Perkembangan area di hulu Marunda Kepu menyebabkan kebutuhan air di hulu semakin meningkat. Selain itu, secara teknis perbedaan elevasi di jembatan Kanal Banjir Timur menyebabkan tekanan turun signifikan,” ucap Arief dalam keterangannya kepada awak media, Jumat 16 Desember 2022.

Arief melanjutkan, selama beberapa bulan, PAM JAYA juga memberikan solusi suplai air kepada warga di sana melalui mobil tangki sejak Mei dengan total lebih dari 2.000 meter kubik atau lebih dari 2 juta liter.

Pembangunan reservoir komunal disertai booster pump di dekat pemukiman warga telah menjadi solusi atas kebutuhan air warga Marunda Kepu, Jakarta Utara. Saat ini, suplai air di wilayah tersebut telah normal bahkan hingga ke rumah yang berada di ujung pemukiman.

“Dari persoalan yang kami temukan di lapangan, kami menemukan solusi sederhana, yakni pembangunan reservoir komunal. Prinsipnya, kami membuat penampungan air di dekat pemukiman. Setelah air terisi penuh, kami kemudian memompakannya ke rumah-rumah warga,” imbuh Arief.

Reservoir komunal, tambah Arief, terbukti berhasil. Sehingga solusi ini akan diterapkan di beberapa wilayah dengan tekanan air kecil lainnya di Jakarta. Arief melanjutkan, PAM JAYA dalam waktu dekat akan membangun reservoir komunal, yakni di wilayah Taman Sari, Krendang Tambora, Kalideres Duri Kosambi, Muara Baru RW 17 Penjaringan, Marunda Pulo, Kalibaru, dan PPK Kemayoran - Kebon Kosong.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT