Transjakarta Bantah Tudingan PSI yang Sebut Puluhan Bus Transjakarta Mangkrak

Kamis, 15 Desember 2022 10:08 WIB

Share
Puluhan bus Transjakarta tak beroperasi.(Ist)
Puluhan bus Transjakarta tak beroperasi.(Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membantah bahwa tidak ada bus Transjakarta yang mangkrak. 

Transjakarta pun mengklaim seluruh armada bus Transjakarta beroperasi sesuai dengan jadwal.

Namun begitu pihaknya mengakuo bahwa sampai saat ini masih ada rute yang ditutup. Sehingga berdampak kepada adanya beberapa bus yang tidak beroperasi secara penuh.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, sebagian rute yang ditutup tersebut dampak dari pandemi Covid-19 dan untuk menghambat penularan virus Covid-19 di tahun 2020-2022.

"Dengan segala keterbatasan dan kendala di operasional, Transjakarta mengatur agar armadanya tetap berjalan secara bergantian, sehingga sekitar 70 persen beroperasi, sisanya dioperasikan bergantian termasuk untuk perawatan, " ujar Anang dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2022).

Anang juga mengatakan, hingga Desember 2022, Transjakarta beroperasi di 216 rute. Dimana reaktivasi sebanyak 39 rute. Pembukaan rute baru mencapai 16. 

Namun untuk saat ini, Transjakarta terus mengoptimalkan operasi armada bus yang sesuai kebutuhan rute dan penumpang.

Sebelumnya, anggota DPRD Fraksi PSI DKI Jakarta Eneng Maliyanasari meminta agar segera dilakukan evaluasi terhadap Dinas Perhubungan dan manajemen Transjakarta.

Pasalnya, beredar foto di media sosial Twitter mengenai puluhan bus Transjakarta tipe low entry yang tidak dioperasikan. Foto diambil di Pool Transjakarta Pinang Ranti.

"Dari informasi yang beredar bus-bus tersebut bermerek Scania dan Mercedes Benz yang dibeli tahun 2018, jadi masih relatif baru. Itu adalah aset negara yang dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak," kata Eneng di Jakarta, Rabu (14/12/2022). (Aldi)

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar