ADVERTISEMENT

Jelang Nataru, Penumpang Bus di Terminal Poris Diprediksi Melonjak Pekan Depan

Selasa, 13 Desember 2022 12:34 WIB

Share
Suasana Terminal Poris Pelawad. (Iqbal)
Suasana Terminal Poris Pelawad. (Iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID -  Menjelang natal dan tahun baru 2023, lonjakan penumpang di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang diperkirakan akan alami kenaikan pada Jumat (23/12/2022) mendatang.

Kepala Terminal Poris Plawad, Alwien Athena menjelaskan, kenaikan akan terjadi pada pekan depan berdasarkan analisa. Namun kata dia, meski terjadi lonjakan, pihaknya telah mengantisipasi.

"Dia tuh ada dua fase libur natal dan libur tahun baru, sekarang yang parah (ramai) itu hari Minggu, paling ramai hari Jumat," ujarnya Selasa (13/12/2022).

Meskipun akan terjadi lonjakan, Alwien memaparkan tidak terlalu signifikan dibanding dengan kenaikan saat momen hari libur lebaran.

"Beda sama lebaran, cuman kita ada antisipasi aja, kalau-kalau ada terjadi lonjakan-lonjakan. Kayaknya kalau pun melonjak, itu di hari Jumat sore menjelang libur natal dan tahun baru," katanya.

Alwin mengkhawatirkan jika nantinya terjadi lonjakan, ditakutkan akan kurangnya armada bus yang beroperasi. Kurangnya armada, kata dia, karena banyaknya bus pariwisata yang disewa untuk berlibur.

"Justru kalo ada lonjakan saat nataru kita bisa kekurangan bus. Kalo mudik lebaran  misal penumpang penuh, itu pasti bisa tercover. Karena bisa pariwisata banyak yang tidak jalan. Jarang orang pariwisata waktu mau lebaran," jelasnya.

"Ketika terjadi kenaikan di terminal poris misal 1200, pasti inikan misal perusahaan tidak punya cadangan, mereka harus ngambil bis pariwisata, sedangkan pariwisata banyak yang kosong pada keluar," imbuhnya.

Atas hal tersebut, pihaknya telah mengantisipasi sejumlah faktor mulai dari memperhitungkan kapasitas penumpang per harinya hingga ketersediaan armada.

"Tipikal penumpang poris itu tidak bisa dibaca, kalo dibaca per hari 500 sampai 700 tapi kalo seperti lebaran nataru, itu naik kurva bisa langsung naik. Karena disini banyak orang pegawai, jadi pas liburan keliatan. Kalo di nataru, itu berkisar 1000 an," paparnya. (Muhammad Iqbal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Muhammad Iqbal
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT