Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Puskesmas Pasir Nangka Gelar Safari KB

Minggu, 11 Desember 2022 13:45 WIB

Share
Posyandu.. (Ahmad Tri Hawaari)
Posyandu.. (Ahmad Tri Hawaari)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Puskesmas Pasir Nangka, Kecamatan Tigaraksa terus melakukan upaya dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kali ini, Puskesmas Pasir Nangka menggelar pelayanan safari Keluarga Berencana (KB) untuk para ibu yang berada diwilayah tersebut. Adapun tujuh desa yang disambangi yakni, Desa Pasir Nangka, Desa Pasir Bolang, Desa Pematang, Desa Cisereh, Desa Matagara, Desa Tegalsari dan Desa Pete.

Kepala Puskesmas Pasir Nangka, dr Herlin Hidayati, kemarin, mengatakan kegiatan safari ini dilaksanakan selama 2 hari.

“Peserta mengikuti KB Kontrasepsi Jangka Panjang sebanyak 37 orang dan Pemeriksaan IVA Tes sebanyak 34 orang," katanya, Minggu (11/12).

Menurutnya, pelayanan KB diberikan kepada para ibu agar dapat memberikan jarak pengaturan dalam persalinannya, sehingga para ibu bisa merawat diri dan mengasuh anak-anak dengan baik dan benar.

“Dengan demikian pengawasan kesehatan dan pola makan anak bisa benar-benar dapat diperhatikan, sehingga resiko anak kekurangan gizi dan stunting akan dapat teratasi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Herlin, dengan mengikuti program KB jangka panjang pun, peserta bisa lebih menghemat pengeluaran dan efektif. Sebab tidak perlu lagi diulang di setiap bulannya.

“Sisi lainnya, peserta KB aktif tidak perlu memiiki resiko lupa,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia berharap para peserta dan perangkat desa bisa mengajak tetangga dan warga lainnya untuk mau mengikuti program KB. 

"Bila ini terealisasi, maka besar kemungkinan permasalahan gizi kurang dan stunting juga bisa teratasi," pungkasnya.(Veronica Prasetio)

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar