Rayakan Ultah ke-9 Tahun Komunitas DFI, Pengamat Film: Ingin Menjadikan Perfilman Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Jumat, 9 Desember 2022 22:43 WIB

Share
Komunitas Demi Film Indonesia (DFI) merayakan ulang tahun ke 9 tahun. (ist)
Komunitas Demi Film Indonesia (DFI) merayakan ulang tahun ke 9 tahun. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komunitas Demi Film Indonesia (DFI) merayakan ulang tahun ke-9 tahun.

DFI sebagai entitas sinergi dengan film maker, produser, jurnalis, pengamat film, akademisi dan pemerintah dengan legal standing yayasan, selalu berkutat pada apresiasi dan kampanye Film Nasional.

"Sebagai bagian ulang tahun ke 9, DFI ingin menjadikan perfilman Indonesia tuan rumah di negeri sendiri dan tamu terhormat di negeri tetangga. DFI mengajak menonton film Indonesia setiap Kamis di hari dan show pertama," tutur Yan Widjaya, Pengamat Film di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Dalam rangka bagian merayakan perjalanan selama 9 tahun DFI, pada tahun 2022 ada dua awards bertajuk DFI Cinema Achievement Award 2022 Kategori Government Support yang diberikan kepada Ahmad Mahendra - Dit. PMM Kemendikbud Ristek RI.

Atas dasar 3 hal yakni pertama serapan anggaran efektif untuk lebih dari 20 Festival Film yang digelar dari 2021-2022 seperti FFI, FFWI, FFB, JFW, Eagle Award, BaliMakarya Film Festival Indonesia-BFFI, Balinale Film Festival, Festival Film Pendek Banyuwangi, Festival Film Tegal, Festival Film Pendek Berbahasa Daerah, Festival Film Pendek Etnik Nusantara, Madani International Film Festival, Aceh Film Festival, Jogja Netpac dan masih banyak lagi lainnya.

Kedua pemenuhan amanat UU Perfilman dengan Kampanye FiLM Nasional dengan Rilis Pengumuman Film dan Angka Penonton (LOKet - Laporan TiKet) di podcast DemiFilm TV dan ketiga nonton bareng 1-2 judul setiap bulan sebagai apresiasi dan pemicu tradisi menonton bagi perfilman nasional.

DFI diberikan award kategori 'Bioskop Dengan Gedung Sendiri'.

KCM menjadi etalase film anak negeri untuk ditonton di daerah dan jauh dari jangkauan kota besar tapi menjadi kota tersendiri yang membanggakan.

Selain itu pihak PFN-Perum Film Nasional memperkenalkan Studio XR Extended Reality dengan mempersembahkan kolaborasi film yang akan tayang 12 Januari 2023 dibesut Erwin Arnada.

Yoen K menjelaskan sebagai owner dan produser KCM setelah menerima award dari DFI.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar