Korea Utara Eksekusi Mati 2 Remaja karena Sebarkan Film Korea Selatan

Selasa, 6 Desember 2022 10:29 WIB

Share
Korea Utara eksekusi mati dua remaja yang mendistribusikan film Korea Selatan. (Freepik/@wirestock)
Korea Utara eksekusi mati dua remaja yang mendistribusikan film Korea Selatan. (Freepik/@wirestock)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Korea Utara dikabarkan telah mengeksekusi mati tiga remaja secara terbuka di hadapan publik.

Dua dari tiga remaja tersebut dihukum mati dikarenakan menonton dan menyebarkan film Korea Selatan. 

Sementara, dua sumber yang menyaksikan eksekusi tersebut mengatakan kepada Radio Free Asia bahwa satu remaja lainnya dieksekusi mati dikarenakan membunuh ibu tirinya. 

Eksekusi mati tiga remaja yan diperkirakan berusia 16-7 tahun ini dilakukan pada bulan Oktober di lapangan terbang, kota Hyesan.

Usai melakukan eksekusi mati, dua sumber tersebut menuturkan pihak berwenang mengatakan kepada warga yang ketakutan bahwa dua jenis tindakan yang dilakukan ketiga remaja itu sama-sama jahat.

“Mereka mengatakan, 'Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korea Selatan, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum,'” kata salah satu penduduk kota Hyesan.

"Penduduk Hyesan berkumpul berkelompok di landasan. Pihak berwenang menempatkan siswa remaja di depan umum, menghukum mati mereka, dan segera menembak mereka," sambungnya.

Kedua remaja yang dieksekusi mati itu diketahui kedapatan untuk mencoba menjual thumb drive berisi film serta drama Korea Selatan hasil selundupan di pasar lokal.

Namun, pejabat Korea Utara mengerahkan mata-mata untuk memantau masyarat yang kemudian akan melaporkan penjual ke polisi.

“Para siswa terjebak dalam jebakan kali ini,” kata seorang sumber.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar