Jokowi-Iriana Pasang Bleketepe dan Tuwuhan, Jelang Upacara Siraman

Jumat, 9 Desember 2022 10:07 WIB

Share
Jokowi memasang bleketepe, dan bersama Iriana kemudian melengkapi hiasan tanda hajatan dengan tuwuhan dan dua ikat padi,(Ist/tangkap layar)
Jokowi memasang bleketepe, dan bersama Iriana kemudian melengkapi hiasan tanda hajatan dengan tuwuhan dan dua ikat padi,(Ist/tangkap layar)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono diawali dengan prosesi adat jawa siraman bagi mempelai pria dan wanita, Jumat (9/12/2022).

Untuk prosesi siraman dilaksanakan di kediaman masing-masing. Prosesi acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. 

Mempelai wanita dilakukan di kediaman mempelai putri Erina Gudono di Yogyakarta. Sedangkan, Proses siraman mempelai pria dilakukan di kediaman Presiden Joko Widodo di kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Surakarta. 

Prosesi siraman mempelai pria di Sumber, Banjarsari diawali dengan prosesi pemasangan Tuwuhan dan Bleketepe. 

Nampak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Boby Nasution menggunakan pakaian adat beskap landung dengan warna merah muda. Di bawahnya dipadupadankan batik jarik. 

Sedangkan, Ibu Iriana Jokowi dan Kahiyang Ayu menggunakan baju kebaya putih merah muda, dengan bawahan jarik. Jokowi keluar dari kediaman kemudian memasang bleketepe atau anyaman daun kelapa disaksikan Ibu Iriana dan putra-putrinya. 

Sementara Prosesi Tuwuhan dan Bleketepe dilakukan langsung oleh Ibu Iriana Joko Widodo dengan didampingi Presiden Joko Widodo. Juga Gibran Rakabuming Raka, serta Kahiyang Ayu.

Iriana nampak membuka selubung dua tandan pisang raja di kanan kiri pintu masuk kediaman. Kemudian, dilanjutkan meletakkan seikat untaian padi di atas pisang.

Sementara rangkaian tuwuhan ini ada daun opo-opo (daun rigin, andong, dan janur kuning) yang dipasang. Setelahnya, seluruh keluarga melanjutkan prosesi ke dalam kediaman Presiden, secara internal dan tertutup.(tri)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar