Korban Gempa Cianjur Dapat Pemulihan Mental Lewat Trauma Healing

Kamis, 8 Desember 2022 20:54 WIB

Share
Korban gempa Cianjur, Jawa Barat mendapat pemulihan mental lewat trauma healing. (Ist)
Korban gempa Cianjur, Jawa Barat mendapat pemulihan mental lewat trauma healing. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu menimbulkan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Pasca gempa bumi ini, banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, bahkan kerabat dan anggota keluarga. 

Dan hal ini menimbulkan trauma serta tekanan mental tersendiri. Belum lagi para Relawan yang secara tak langsung ikut merasakan luka batin para warga. 

Untuk memulihkan mental korban, Founder Shaka Faoundation, Hindra Gunawan dan team menginisiasi sebuah program pelatihan Trauma Healing bagi para korban Gempa Cianjur dan Relawan yang bertugas, berkoordinasi dengan Denny Andrian dari Moeldoko Center yang juga merupakan Penasehat SHAKA Foundation yang mendapatkan dukungan penuh dari Jabar Quick Response.

 

SHAKA Foundation adalah sebuah yayasan nirlaba asal Indonesia yang didirikan sejak tahun 2019 dengan tujuan utama untuk membantu tiap individu melepaskan stress akibat peristiwa traumatis, termasuk bencana alam. 

Maka dari itu, dengan membawa metode Trauma and stress Releasing Exercise (TRE), team SHAKA Foundation & TRE Indonesia hadir di Kabupaten Cianjur selama 3 hari (6 - 8 Desember 2022) sebagai usaha untuk membantu para korban secara emosional dan menguatkan mental mereka sehingga tiap individu dapat merasa lebih tenang, ikhlas, pasrah, dan dapat segera kembali bangkit untuk menghadapi hari-harinya dengan penuh semangat.

TRE adalah sebuah teknik yang menggunakan kecerdasan tubuh dengan membiarkan tubuh bergetar. Getaran ini adalah cara tubuh untuk melepaskan stres, tekanan, ketegangan dan emosi yang terakumulasi berkepanjangan dalam tubuh manusia. 

 

Aman untuk dilakukan oleh anak kecil dan orang dewasa, metode self healing ini dapat dipraktekkan sendiri seumur hidup setelah mendapatkan 1 kali pelatihan dan pendampingan dari team TRE Indonesia yang hadir bersama SHAKA Foundation.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar