Heru Budi Bakal Lelang Jabatan Sekda DKI, PKS: Harus Sesuai Aturan

Kamis, 8 Desember 2022 20:42 WIB

Share
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melantik Uus Kuswanto sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda).(Foto: Aldi)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melantik Uus Kuswanto sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda).(Foto: Aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli angkat bicara terkait rencana seleksi terbuka atau lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta yang akan dimulai.

Dalam hal ini, Taufik mengatakan, bahwa PKS tidak meminta apa-apa, namun ia mengingatkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI untuk menjalankan prosesi lelang jabatan ini secara profesional tanpa adanya campur tangan politik.

"Kita enggak minta apa-apa ya. Terserah aja Penjabat Gubernur. Tapi semuanya harus sesuai dengan peraturan yang ada dan sedapat mungkin itu yang profesional dalam arti bahwa tidak terlalu banyak campur tangan politik. Kira-kira gitu lah," kata Taufik saat dihubungi, Kamis (8/12/2022).

Menurutnya, hal tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan, mengingat sebentar lagi memasuki tahun politik.

 

"Ini soalnya kan memang, dari awal kita sadari bahwa tahun 2023, 2024, ini kan nanti menuju Pemilu 2024," ucapnya.

Kemudian, dalam proses lelang, panitia seleksi Pemprov DKI nantinya akan menyaring tiga nama calon sekertaris daerah yang dianggap dapat memenuhi keriteria dan juha lolos tahapan tes. Kemudian, nantinya tiga nama ini akan dibawa ke Presiden Joko Widodo untuk dipilih.

Maka dari itu, Taufik mengingatkan Pj Gubernur Heru untuk bersikap netral dalam memilih pejabat PNS yang telah disaring sebagai calon-calon Sekda DKI. Lalu, calon Sekda DKI juga harus tetap bersikap independen ketika terpilih.

 

"Jadi, itu untuk Penjabat Gubernur aja seperti itu, berarti untuk yang lainnya sama ya. Jadi profesional aja lah sebagai birokrat yaa, orang yang memang pegawai negeri yang memang ditugaskan untuk mengurus Jakarta," tuturnya.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar