Heru Berharap Bendungan Kering Ciawi Rampung Tepat Waktu

Kamis, 8 Desember 2022 18:29 WIB

Share
Sejumlah anak bermain saat banjir merendam kawasan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, di Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Selasa (18/01/2022). (foto: PosKota/Ahmad Tri Hawaari)
Sejumlah anak bermain saat banjir merendam kawasan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, di Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Selasa (18/01/2022). (foto: PosKota/Ahmad Tri Hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berharap pembangunan Bendungan Kering, di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat rampung tepat waktu.

Pasalnya, Bendungan Tersebut dapat mengatasi banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota Jakarta.

"Sehingga itu bisa selesai waduk ciawi sama sodetan, mudah-mudahan berkurang cukup banyak banjir di Jakbar, Jakut, Jaksel," ujar Pj Gubernur Heru di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Pj Gubernur Heru menerangkan, pembuatan Bendungan Ciawi merupakan prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam upaya mengatasi banjir di Jakarta. 

"Itu kan bagian dari program utama penanggulangan banjir yang disampaikan menteri pupr di ciliwung," kata Manta Walikota Jakarta Utara ini. 

 

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menargetkan pembangunan Bendungan Ciawi selesai pada akhir 2022. Sehingga bisa meminimalisasi banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bendungan Ciawi memiliki volume tampung 6,05 juta m3 dan luas area genangan 39,40 hektare untuk mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik/detik. Kontrak pembangunannya senilai Rp 798,70 miliar. (Aldi)
 

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar