ADVERTISEMENT

Guncangan PHK Startup Digital

Rabu, 7 Desember 2022 06:00 WIB

Share
Ilustrasi PHK.
Ilustrasi PHK.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh:NovriadjiWibowo,WartawanPoskota

INDONESIA tidak hanya sedang dilanda bencana alam seperti gempa bumi Cianjur dan letusan Gunung Semeru, ternyata perusahaan Startup atau lebih dikenal perusahaan rintisan dalam berbentuk teknologi ini juga diguncang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) .

Sudah hampir puluhan perusahaan Startup di Indonesia melakukan PHK Startup besar-besaran bahkan ada yang gulung tikar setelah kabar rumor potensi resesi ekonomi pada tahun 2023 nanti.

Pengamat ekonomi menyebut PHK Startup hal tersebut disebabkan investor di sektor teknologi sedang mengalami penurunan Pada 2021, investasi di sektor ini mencapai Rp 144 triliun. Sedangkan pada November 2022 hanya Rp 53,58 triliun.

Tidak hanya di Indonesia, Berdasarkan data dari Layoffs.fyi, sejak 11 Maret hingga 17 Juni 2020 terdapat sekitar 500 startup terdampak secara global. Perusahaan-perusahaan ini terpaksa melepas 64.400 karyawannya. Sementara itu, setidaknya ada 43 start-up di Asia yang harus merumahkan sekitar 12.601 karyawannya.

PHK Startup yang bergerak di sektor perjalanan. Seperti Grab Kitchen, Airy Rooms  dan Fabelio dari Indonesia bahkan harus gulung tikar karena tak mampu bertahan dari badai krisis.

Daftar perusahaan startup yang terkena PHK Massal yakni Ajaib, Sirclo, Grab Kitchen, Goto, Ruangguru, Shopee Indonesia, LinkAja, Tokocrypto, Tanihub, Zenius, SiCepat, JD.ID, Pahamify, Mobile Premier League, Indosat Ooredoo Hutchison, Xendit, Lummo, Oyo, dan lain-lainnya.

Ada banyak pemicu faktor PHK Startup Massal pada perusahaan-perusahaan startup yakni Bubble Furst (Gelembung ekonomi), tumbuh cepat dan cepat jatuh, kinerja tidak bagus kemudian melakukan efisiensi, penyesuaian perubahan model bisnis dan skema pasar.

Produk kalah bersaing, kehilangan market share, perekonomian global dibayangi ketidakpastian, pandemi covid-19, naiknya inflasi dan suku bunga di berbagai negara.

Selain itu faktor perusahaan Startup PHK dipicu ketidak harmonisan dalam tim dan kurangnya kecocokan pasar dan tidak adanya kebutuhan pasar.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT