Pemprov DKI Dukung Penuh Festival Dayung Ciliwung 2022

Minggu, 4 Desember 2022 14:28 WIB

Share
Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu 4 Desember 2022. (Ist)
Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu 4 Desember 2022. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung segala kegiatan olahraga dan pembinaannya, salah satunya Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu 4 Desember 2022. 

Kegiatan yang digagas Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap olahraga dayung. 

Adapun kegiatan dayung dimulai di sekitar Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City.

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022 ini, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) sekaligus Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono secara simbolis melepas sebanyak 80 perahu dayung kano. 

Setelah itu, Ia bersama Menteri PUPR RI turut menaiki perahu dan menyusuri Sungai Ciliwung kurang lebih sepanjang 2 kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

Dalam hal ini, Pj Heru Budi berharap melalui kegiatan festival ini selain untuk mempopulerkan olahraga dayung, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung.

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga. Saya berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air," tegas Pj Heru Budi, Minggu (4/12/2022).

Kemudian, Pj Heru Budi juga menyambut baik atas dipilihnya Sungai Ciliwung sebagai tempat untuk mempopulerkan cabang olahraga dayung. 

Sebagaimana diketahui, Sungai Ciliwung telah menjadi saksi sejarah berkembangnya Kota Jakarta, sumber air baku warga Jakarta. Sehingga keberadaannya harus dipelihara dengan baik dan dapat juga dikelola sebagai upaya pengendalian banjir di Kota Jakarta.

Mantan Walikota Jakarta Utara ini juga turut mengapresiasi PB PODSI yang telah menginisiasi kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 ini dalam rangka mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai dengan 20 Desember 2022.

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar