ADVERTISEMENT

Momentum Bagus Jelang Nataru 2023, Inflasi Dinyatakan Melandai

Minggu, 4 Desember 2022 19:44 WIB

Share
Ilustrasi Inflasi. (ist)
Ilustrasi Inflasi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pencapaian inflasi Indonesia masih tetap terkendali di tengah tren inflasi tinggi yang masih terjadi di berbagai negara.

"Seperti Uni Eropa saat ini inflasinya tercatat sebesar 10 persen (yoy) pada November 2022. Kemudian India dan US yang realisasi inflasinya masing-masing tercatat sebesar 6,77 persen (yoy) dan 7,7 persen (yoy)," kata Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Ekonom dari Universitas Airlangga Rudi Purwono mengatakan, ada dampak positif dari Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 untuk perekonomian Indonesia.

Di mana masyarakat yang bergerak, meningkat konsumsinya akan membuat perekonomian berputar meski harga sudah pasti akan naik.

"Kondisi pada bulan Desember, di mana ada Natal dan Tahun Baru. Kondisinya masyarakat beraktivitas, berlibur, akan menunjang proses meningkatkan permintaan dan akan menggerakkan ekonomi, konsekuensinya memang tentu harga agak naik keatas," kata Rudi.

Bagi Rudi, pergerakan masyarakat di moment Nataru 2023 menjadi pendorong perekonomian yang bagus, dan bisa dinikmati oleh semua pihak.

"Sisi positif, ekonomi bergerak, tetapi harapan kota ekonomi bergerak juga dinikmati UMKM, mikro kecil dan menengah. Tidak hanya usaha besar. Contoh misalnya hotel, bukan cuma hotel besar, losmen juga. Potensi usaha kecil makanan, oleh-oleh," ucapnya.

Namun, Rudi mengingatkan agar produsen maupun pengusaha juga jangan main harga terlalu besar.

Hal tersebut guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang sedang tumbuh.

Rudi juga meminta pemerintah untuk terus menjaga ketersediaan bahan pokok jelang libur Nataru.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT