Pemkot Jakbar Akan Pasang Sheetpile di Aliran Kali Pesanggrahan untuk Program 2023

Sabtu, 3 Desember 2022 17:19 WIB

Share
Pemkot Jakbar saat meninjau aliran Kali Pesanggrahan di Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (ist)
Pemkot Jakbar saat meninjau aliran Kali Pesanggrahan di Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemkot Jakarta Barat akan memasang sheetpile di aliran Kali Pesanggrahan merupakan program tahun 2023 yang telah dicanangkan.

Pemasangan sheetpile itu dilakukan di Aliran Kali Pesanggrahan, tepatnya di RW 05 Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, pembuatan sheetpile yang merupakan program tahun 2023 itu akan dipasang sepanjang empat kilometer.

"Rencananya tahun 2023 Kali Pesanggrahan ini dari pinggir tol (Kebon Jeruk) sampai ke Kali Mookervart sepanjang 4 kilometer memang belum di sheetpile. Kanan kiri kita akan tanggul," ujarnya kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Menurut Yani, pemasangan sheetpile itu dilakukan lantaran beberapa titik di permukiman warga yang ada di kawasan tersebut kerap dilanda banjir saat air hulu tinggi.

Air hulu yang tinggi menyebabkan salah satu pecahan aliran Kali Pesanggrahan yang ada di Kelurahan Kedoya Selatan, meluap dan membanjiri permukiman.

"Kita juga akan melakukan penanggulan dan kita akan buatkan pintu air. Nah ketika air tinggi maka kita akan tutup biar airnya langsung ke arah kali Pesanggragan terus ke Cengkareng Drain, ke laut," paparnya.

Selain itu, Yani menuturkan, pihaknya juga akan membongkar dam atau penahan pintu air yang dinilai sudah tidak berfungsi dengan maksimal.

Nantinya, Pemkot akan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung (BBWSC) untuk membongkar pintu air yang sekiranya sudah tidak layak.

"Sehingga tidak menahan kalau ada sumbatan ada kayu ada barang yang bisa menyumbat ini bisa berpengaruh. Nah oleh karena ini harus bebas kali ini. Maka kita usulkan dibongkar BBWSC karena ini kewenangan BBWSC," pungkasnya. (pandi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar