ADVERTISEMENT

Hari AIDS Sedunia 2022 Usung Tema Equalize

Kamis, 1 Desember 2022 15:32 WIB

Share
Pita merah sebagai simbol Hari AIDS Sedunia. (Freepik/@freepik)
Pita merah sebagai simbol Hari AIDS Sedunia. (Freepik/@freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari AIDS Sedunia atau World AIDS Day diperingati setiap tanggal 1 Desember.

Pada tahun ini, Hari AIDS Sedunia mengusung tema Equalize atau Menyamakan. Mengutip dari World Health Organization (WHO), tema ini adalah bentuk seruan untuk berani mengakui dan mengatasi ketidaksetaraan yang menghambat kemajuan dalam mengakhiri AIDS. 

Selain itu, menyetarakan juga akses layanan HIV esensial terutama untuk anak-anak dan populasi kunci, termasuk laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki, waria, pengguna narkoba, pekerja seks, dan narapidana. Seruan ini, dilakukan WHO kepada para pemimpin dan warga dunia. 

Di ketahui, sebagaimana yang dikutip dari UNAIDS, Hari AIDS Sedunia didirikan pada Agustus 1988 oleh James W. Bun dan Thomas Netter, yang mana mereka berdua merupakan anggota organisasi kesehatan (WHO).

Hari AIDS Sedunia menjadi hari internasional pertama untuk kesehatan global. Di setiap tahunnya, badan-badan PBB, pemerintah, serta masyarakat sipil bergabung bersama untuk mengkampanyekan tema-tema khusus terkait HIV.

Sementara itu, mengutip dari United Nations, Hari AIDS Sedunia diperingati agar orang-orang di seluruh dunia bersatu untuk menunjukkan dukungan bagi orang yang hidup dengan dan terkena dampak HIV serta untuk mengingat mereka yang kehilangan nyawa karena AIDS.

Selama dua tahun terakhir COVID-19 dan krisis global, data dari UNAIDS tentang penanggulangan HIV Global mengungkapkan bahwa kemajuan melawan pandemi HIV mengalami sumber daya menyusut dan tersendat yang mengakibatkan jutaan nyawa terancam.

Hanya delapan tahun yang tersisa sebelum tahun 2030 untuk mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan global. 

ADVERTISEMENT

Editor: Adinda Salsa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT