ADVERTISEMENT

FIFA Menyatakan Item Pelangi Diperbolehkan Masuk Stadion Piala Dunia

Kamis, 1 Desember 2022 13:50 WIB

Share
Jurnalis Grant Wahl mengenakan kaos pelangi dan ditahan di Stadion Al Thumama.(Foto: @GrantWahl)
Jurnalis Grant Wahl mengenakan kaos pelangi dan ditahan di Stadion Al Thumama.(Foto: @GrantWahl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

QATAR - Masalah warna pelangi masih saja menjadi permasalahan saat ge;laran Piala Dunia 2022 di Qatar.

Terbaru, satu hari setelah Iran dan Wales tersingkir di Piala Dunia, FIFA akhirnya memberikan jaminan publik pada hari Rabu bahwa item pelangi dan spanduk yang mendukung protes di Iran akan diizinkan masuk ke stadion gelaran Piala Dunia.

Staf keamanan stadion yang diorganisir oleh otoritas Qatar telah menyita barang-barang dengan warna pelangi dan slogan seperti "Wanita. Hidup. Kebebasan" untuk menghentikan mereka masuk ke dalam stadion.

Pada minggu pertama turnamen, tujuh tim Eropa termasuk Wales kalah dalam pertarungan untuk mengenakan ban lengan warna-warni "One Love" selama pertandingan Piala Dunia dan beberapa penggemar mengeluh bahwa mereka tidak diizinkan membawa barang dengan warna pelangi, simbol LGBTQ. hak, ke stadion emirat Islam konservatif.

Pertandingan antara Iran dan Amerika Serikat pada hari Selasa diwarnai dengan emosi di antara para penggemar Iran, beberapa di antaranya datang ke Qatar tidak hanya untuk mendukung tim mereka, tetapi juga gerakan protes di rumah dengan spanduk dan bendera.

"FIFA mengetahui beberapa insiden di mana barang-barang yang diizinkan tidak boleh ditampilkan di stadion," kata badan sepak bola dunia itu dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, lebih dari seminggu setelah beberapa insiden dilaporkan di stadion Piala Dunia.

"FIFA telah menerima jaminan dari pihak berwenang bahwa komandan venue telah dihubungi sehubungan dengan aturan dan regulasi yang disepakati untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022."

Namun, jaminan FIFA yang tampaknya dikesampingkan oleh otoritas Qatar.  Wales dan Iran tidak akan memainkan pertandingan lagi di Piala Dunia setelah hasil Selasa malam mengirim Inggris dan Amerika Serikat dari Grup B mereka ke babak sistem gugur.

"FIFA terus bekerja sama dengan Negara Tuan Rumah untuk memastikan penerapan penuh peraturan terkait dan protokol yang disepakati," kata FIFA. (win)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT